Lifestyle

12 Camilan Kemakmuran Harus Ada ketika Imlek, Bikin Tahun Depan Lebih Hoki

Kertasleces.co.id – Di antara berbagai makanan khas Imlek, ada juga camilan kemakmuran alias lucky food yang tersebut sebaiknya jangan dilewatkan, juga harus ada dalam meja makan. Kira-kira apa sekadar ya?

Tahun baru Imlek 2024 bertepatan dengan tahun Naga, yang mencerminkan keberuntungan, kekuatan dan juga kesehatan. Harapan yang tersebut baik ini dipercaya penduduk Tiongkok peluangnya sanggup ditambah dengan makanan yang mana disantap pada waktu Imlek.

Nah, tunggu apa lagi? Berikut ini 12 camilan kemakmuran ketika Imlek yang harus ada di tempat meja makan mengambil Taste of Home, Hari Sabtu (27/1/2024).

1. Pangsit

ilustrasi makanan dari dermis pangsit. (pexels)
ilustrasi makanan dari dermis pangsit. (pexels)

Menurut legenda kuno, jumlah total pangsit yang dimaksud dimakan selama Tahun Baru Imlek memprediksi jumlah agregat uang yang mana akan Anda hasilkan di dalam tahun mendatang. Jadi, makan lebih lanjut sejumlah lebih lanjut baik. Isian pangsit juga sanggup beragam dari mulai daging sapi, udang, ayam hingga sayuran.

2. Mi panjang umur

Makanan ini dikenal sebagai changshou mian, yang digunakan berarti “mie umur panjang” lalu mempunyai panjang hingga dua kaki. Menurut tradisi Tiongkok, semakin panjang mie, Anda akan semakin beruntung.

Tapi sebaiknya, berhati-hati agar tiada merusak atau memutusnya pada waktu proses memasak, akibat itu mencerminkan nasib buruk yang tersebut berarti berumur pendek.

3. Nampan kebersamaan

Tidak kurang dari 6 hingga 8 isian pada makanan ini, yang digunakan melambangkan keberuntungan. Umumnya nampan berbentuk bulat, yang digunakan melambangkan kedamaian juga keharmonisan keluarga,

Isi nampan dengan berbagai macam camilan kecil seperti buah kering , kacang-kacangan, atau permen. Anda juga mampu memasukkan kue jahe almond buatan sendiri ini .

4. Lumpia

Menyerupai emas batangan, lumpia mengakibatkan kekayaan serta keberuntungan. Anda dapat mengisi roti gulung goreng ini dengan berbagai isian, antara lain daging babi, tauge, wortel parut, kol, lalu berbagai macam sayuran lainnya.

Perbedaan antara egg roll serta lumpia adalah egg roll memiliki pembungkus pangsit atau adonan ragi, sedangkan lumpia memiliki pembungkus yang mana lebih banyak tipis.

5. Jeruk

Ilustrasi jeruk imlek. (Elements Envato)
Ilustrasi jeruk imlek. (Elements Envato)

Beberapa jeruk yang dimaksud disarankan harus ada yaitu jeruk kumquat, jeruk keprok, pomelo yang kerap dijadikan hadiah makanan tahun baru.

Kata pada bahasa Cina untuk jeruk dan juga jeruk keprok sangat mirip dengan kata keberuntungan kemudian kekayaan. Warna emas juga melambangkan kemakmuran.

6. Bola nasi manis

Bola-bola nasi manis ini adalah makanan umum Tahun Baru Imlek oleh sebab itu bentuknya yang mana bulat menandakan persatuan.

Bola lengket ini juga melambangkan keharmonisan juga kebersamaan keluarga akibat namanya tang yuan, terdengar seperti kata reuni di bahasa Cina yaitu tuan yuan.

7. Ikan

Dalam bahasa Mandarin, pengucapan kata ikan mirip dengan kemakmuran yang terdengar mirip. Untuk menjamin kesuksesan di tempat tahun mendatang, ikan kukus menjadi hidangan rutin di area meja Tahun Baru Imlek.

Khususnya, ikan mas crucian dan juga ikan mas lumpur merupakan homofon untuk keberuntungan kemudian nasib baik.

8. Year cake

Dalam bahasa China kue ini disebut dnegan nian gao, diucapkan seperti tahun yang digunakan lebih besar baik, yang tersebut menjadikan camilan ini bisa saja menghadirkan keberuntungan.

Kue tepung ketan ini awalnya digunakan sebagai persembahan pada ketika upacara ritual. Kini, orang-orang memakan nian gao pada hari pertama tahun baru untuk mendatangkan kesehatan, kekayaan, lalu kebahagiaan.

9. Delapan nasi harta karun

Hidangan tradisional ini terbuat dari ketan serta dihiasi dengan delapan ‘harta karun’ berbagai macam biji-bijian, kacang-kacangan, kemudian buah-buahan seperti plum, nangka, serta kismis.

Delapan adalah hitungan keberuntungan di budaya Tiongkok kemudian menyantap makanan penutup pada hari raya ini melambangkan manisnya tahun depan.

10. Fa Gao

Fa Gao ini disebut sebagai kue kemakmuran yang mana bentuknya menyerupai kue tepung beras kukus. Kue ini terkenal dengan bagian atasnya yang terbelah.

Menurut tradisi, semakin sejumlah bagian menghadapi kue Anda, semakin beruntung di tempat tahun baru. Fa gao diterjemahkan menjadi “kue kemakmuran”, jadi tidak ada mengherankan apabila camilan ini menjadi makanan Tahun Baru Imlek yang dimaksud populer.

11. Kue almond

Kue almond Cina dianggap menghadirkan keberuntungan finansial di area tahun baru. Bentuknya yang dimaksud bulat menyerupai koin yang mana melambangkan kekayaan kemudian nasib baik.

12. Ayam utuh

Menyajikan ayam utuh (termasuk kepala serta kaki) menandakan keutuhan dan juga kemakmuran di area tahun baru. Kata Cina untuk ayam, j yang dimaksud merupakan homofon untuk keberuntungan serta kekayaan besar kemudian juga melambangkan persatuan.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button