Kesehatan

5 Cara Mencegah Bau Mulut pada waktu Berpuasa, Gak semata-mata Sikat Gigi

Kertasleces.co.id – JAKARTA – Berpuasa di area bulan Ramadan tidak cuma mensucikan diri secara spiritual, juga bermanfaat untuk kondisi tubuh tubuh. Salah satunya membantu menahan keinginan diri untuk mengkonsumsi makanan lebihan.

Namun, permasalahan yang tersebut muncul pada waktu berpuasa adalah bau mulut . Ini adalah wajar sekadar akibat tubuh tak terhidrasi serta memproduksi aliran air liur menjadi berkurang. Padahal, air liur memiliki peran yang tersebut penting untuk menurunkan peningkatan bakteri di area mulut.

Meski begitu, ada beberapa cara yang dimaksud mampu dilaksanakan untuk menjaga dari bau mulut pada waktu berpuasa. Dikutip dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

Cara menghindari bau mulut

1. Rutin sikat gigi dua kali sehari

Selama berpuasa, Anda harus tetap memperlihatkan menyikat gigi dua kali di satu hari, mampu ketika pasca sahur dan juga pasca menyingkap puasa. Pastikan Anda menyikat gigi selama 2-3 menit dengan pasta gigi berfluoride. Menyikat gigi dapat menghilangkan partikel makanan kemudian bakteri yang dimaksud dapat menyebabkan bau mulut.

2. Bersihkan lidah

Salah satu hal yang tersebut tak boleh ketinggalan pada waktu sikat gigi yaitu membersihkan lidah. Terkadang masih sejumlah orang yang cuma menyikat seluruh sisi gigi tanpa mengambil bagian membersihkan bagian lidah. Padahal bakteri yang menempel pada lidah mampu menyebabkan bau mulut lho. Maka sebaiknya gunakan alat pengikis lidah untuk menghempas bakteri tersebut.

3. Tetap terhidrasi pada waktu berbuka puasa

Selama berpuasa, tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan sejumlah cairan. Sehingga hal ini menimbulkan mulut mengeluarkan bau tak sedap oleh sebab itu minimnya aliran air liur yang digunakan dapat membantu menghindari perkembangan bakteri. Oleh karenanya, penuhi keperluan cairan tubuh ketika sahur serta setelahnya berbuka.

4. Konsumsi probiotik

Probiotik sangat bagus untuk menjaga kemampuan fisik usus serta meningkatkan bakteri baik pada usus. Hal ini juga dapat meminimalisir munculkan bau mulut pada waktu berpuasa. Anda bisa saja konsumsi makanan yang digunakan mengandung probiotik seperti yoghurt, kimchi, kefir, dan juga lain-lain.

5. Batasi minuman manis juga berkafein

Sebaiknya selama berpuasa hindari minuman manis kemudian berkafein. Jika Anda kecanduan, maka coba kurangi porsi minum Anda. Sebab minuman berkafein seperti kopi serta teh memiliki efek diuretik yang mana mampu memproduksi Anda kehilangan lebih banyak sejumlah cairan tubuh. Sedangkan minuman manis dapat menyebabkan bau mulut dengan menyokong pertumbuhan bakteri dalam mulut.

Related Articles

Back to top button