Teknologi

5 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Bermasalah, Kursor Loncat-loncat Sendiri

Kertasleces.co.id – Touchpad merupakan salah satu komponen penting pada laptop. Dengan touchpad laptop, pengguna dapat mengontrol kursor serta melakukan berbagai interaksi dengan komputer tanpa perlu menggunakan mouse eksternal. 

Namun, terkadang touchpad dapat mengalami masalah, seperti kursor yang tersebut lompat-lompat sendiri. Bagaimana cara mengatasi touchpad laptop bermasalah seperti ini?

Masalah touchpad ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kotoran yang tersebut menempel, gangguan perangkat lunak, hingga kerusakan pada hardware. 

Jika Anda mengalami hambatan ini, jangan khawatir, ada beberapa cara yang digunakan dapat Anda lakukan untuk mengatasi touchpad laptop bermasalah.

Cara Mengatasi Touchpad Laptop Bermasalah

Berikut adalah 5 cara mengatasi touchpad laptop bermasalah yang mana menimbulkan kursor lompat-lompat sendiri:

1. Bersihkan touchpad

Salah satu penyulut touchpad lompat-lompat adalah kotoran yang menempel. Oleh lantaran itu, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan touchpad dengan kain kering atau tisu lembut. 

Pastikan Anda membersihkan touchpad laptop dengan hati-hati agar tidaklah merusaknya.

2. Sesuaikan pengaturan touchpad

Pengaturan touchpad juga dapat mempengaruhi kinerjanya. Jika touchpad Anda lompat-lompat, coba periksa pengaturan sensitivitasnya. 

Anda dapat menyesuaikan sensitivitas touchpad laptop agar lebih besar sesuai dengan permintaan Anda.

3. Gunakan mouse eksternal

Jika Anda sudah ada mencoba kedua cara pada melawan juga touchpad laptop masih lompat-lompat, Anda dapat menggunakan mouse eksternal. 

Mouse eksternal dapat menjadi solusi yang dimaksud praktis lalu mudah untuk mengatasi permasalahan touchpad laptop.

4. Reset touchpad

Jika Anda menggunakan laptop Windows, Anda dapat mencoba untuk mereset touchpad. Caranya, menyingkap Control Panel, lalu klik Hardware and Sound. 

Selanjutnya, klik Devices and Printers. Kemudian, klik kanan pada touchpad Anda dan juga pilih Properties. Selanjutnya, klik Driver, lalu klik Uninstall. 

Setelah itu, restart laptop Anda juga touchpad akan diinstal ulang secara otomatis.

5. Bawa ke tukang service

Jika Anda sudah ada mencoba semua cara di tempat menghadapi juga touchpad masih lompat-lompat, kemungkinan touchpad Anda mengalami kerusakan pada hardware. 

Dalam hal ini, Anda perlu menghadirkan laptop Anda ke tukang service untuk diperbaiki.

Itulah bagaimana cara mengatasi touchpad laptop bermasalah yang digunakan mampu dilakukan. Manfaatkan baik-baik apabila mengalami kendala tersebut.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button