Lifestyle

6 Hikmah Isra Miraj Bagi Umat Islam, Perjalanan Kilat Nabi Muhammad SAW

Kertasleces.co.id – Setiap tanggal 27 Rajab, umat Muslim akan memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Di tahun 2024 ini, Isra Mi’raj akan jatuh pada hari Kamis, 8 Februari 2024.

Keistimewaan Isra Mi’raj adalah bagaimana di tempat di malam hari tersebut, Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan hingga ke langit ketujuh semata-mata pada satu di malam hari pasca menempuh perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa. Dari perjalanan tersebut, tentu ada berbagai pelajaran yang mana mampu dipetik kemudian diambil hikmahnya sampai sekarang.

Hikmah Isra Mi’raj bagi Umat Islam

Berikut adalah berbagai hikmah yang telah terjadi diperoleh Rasulullah SAW selama menjalani perjalanan Isra Mi’raj.

1. Membersihkan Jiwa Raga untuk Allah SWT

Dikisahkan bahwa sebelum melakukan perjalanan, dada Nabi Muhammad SAW dibelah untuk dibersihkan dari sifat dan juga pikiran buruk.

Ha yang dimaksud berarti bahwa untuk menghadap Allah SWT sudah ada sepatutnya kita membersihkan hati terlebih dahulu. Ibadah yang dimaksud dijalankan pada Allah harus didasari menghadapi dasar ikhlas, tanpa bid’ah.

2. Ujian keimanan seseorang

Setelah mengetahui perjalanan Nabi Muhammad SAW, sebagai umat Muslim, Anda pasti akan semakin bertambah keimanannya. Hal yang dimaksud sebagaimana yang tersebut tertuang di Surat Al Isra ayat 60.

.. وَمَا جَعَلْنَا ٱلرُّءْيَا ٱلَّتِىٓ أَرَيْنَٰكَ إِلَّا فِتْنَةً لِّلنَّاسِ…

Wa ma ja’alnar-ru yallati arainaka illa fitnatal linnasi.

Artinya: Dan Kami tiada menjadikan mimpi yang dimaksud sudah pernah Kami perlihatkan kepadamu, melainkan sebagai ujian bagi manusia… (QS. Al Isra [17]:16)

3. Sampaikan kebenaran meskipun pahit

Pagi hari sai di malam hari Isra Mi’raj, Nabi Muhammad SAW menyampaikan apa yang dimaksud baru cuma dialaminya ke penduduk Makkah. Di sini, berbagai orang yang dimaksud tiada percaya dengan kabar tidak ada masuk akal tersebut.

Hal ini menunjukkan bahwa seburuk apapun kebenaran tetap saja harus diberitakan, meskipun mendapat penolakan.

4. Syariat Nabi Muhammad menghapus syariat Nabi terdahulu

Melalui perkembangan Isra Miraj, Rasulullah tahu bahwa dirinya sudah pernah menjadi imam sholat bagi nabi-nabi terdahulu.

Peristiwa yang disebutkan merupakan bukti bahwa merekan tunduk lalu akan mengikuti risalah Nabi Muhammad SAW sekaligus mengisyaratkan bahwa syariat terdahulu sudah ada bukan lagi berlaku.

5. Keistimewaan Masjidil Aqsa

Masjidil Aqsa yang tersebut berada pada Palestina merupakan tujuan akhir dari perjalanan Isra Nabi Muhammad yang tersebut berawal di dalam Masjidil Haram.

Dari sinilah, kita tahu bahwa Masjidil Aqsa memiliki nilai istimewa bagi Umat Muslim. Pasalnya, ini juga merupakan tempat terakhir yang dimaksud dipijak Nabi Muhammad sebelum ke langit ketujuh atau Sidratul Muntaha.

6. Islam merupakan agama suci

Ketika Nabi Muhammad SAW diberi pilihan di area antara khamr kemudian air susu ketika menempuh perjalanan Miraj, Nabi Muhammad lebih tinggi memilih air susu.

Setelah itu, Malaikat Jibril berkata bahwa Rasulullah telah terjadi diberi kesucian, Ungkapan yang dimaksud sekaligus menjadi isyarat bahwa Islam adalah agama yang tersebut suci.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button