Kesehatan

7 Jenis Makanan kemudian Minuman yang tersebut Harus Dihindari Penderita Asam Lambung pada waktu Buka Puasa

Kertasleces.co.id – JAKARTA – Penderita asam lambung ketika bulan puasa dianjurkan untuk setiap saat mengontrol makanan lalu minuman yang digunakan dikonsumsi ketika berbuka. Sebab, terdapat beberapa jenis makanan serta minuman yang tersebut dapat memicu tingginya sekresi penyakit ini.

Asam lambung merupakan penyakit pencernaan yang tersebut memunculkan rasa nyeri dalam lambung. Umumnya penyakit ini menyerang secara mendadak dan juga berlangsung singkat, namun ada saatnya juga penyakit ini menjadi sangat serius dan juga berlangsung lama.

Menurut laman UM Surabaya, faktor asam lambung sangat berperan pada penyakit gastritis atau maag. Hal yang dimaksud dipicu dari makanan juga minuman yang tersebut dapat mempengaruhi tingginya sekresi asam lambung.

Makanan lalu Minuman Harus Dihindari Penderita Asam Lambung pada waktu Buka Puasa

1. Makanan Berlemak Tinggi

Makanan yang digunakan tinggi lemak cenderung menciptakan lambung bekerja lebih banyak keras untuk mencerna, sehingga dapat memicu produksi asam lambung yang digunakan berlebihan. Hindari makanan berlemak tinggi seperti gorengan, makanan berminyak, kemudian daging berlemak.

2. Makanan Pedas

Makanan pedas dapat merangsang produksi asam lambung juga memperburuk gejala GERD (gastroesophageal reflux disease). Hindari makanan pedas seperti sambal, cabai, serta makanan berbumbu tinggi.

3. Makanan Asam

Makanan asam seperti jeruk, tomat, lalu cuka dapat merangsang produksi asam lambung. Hindari jus jeruk atau makanan yang mana mengandung sejumlah tomat ketika berbuka puasa.

4. Makanan Tinggi Asam Amino

Makanan tinggi asam amino seperti daging merah, daging olahan, kemudian hasil susu tinggi lemak dapat memicu produksi asam lambung. Pilihlah sumber protein yang digunakan tambahan ringan seperti daging ayam tanpa epidermis atau ikan.

5. Minuman Berkafein

Minuman berkafein seperti kopi, teh, serta minuman berenergi dapat merangsang produksi asam lambung kemudian memperburuk gejala asam lambung. Lebih baik menghindari minuman berkafein serta memilih minuman yang dimaksud lebih tinggi ringan seperti air putih atau jus buah tanpa gula tambahan.

6. Minuman Berkarbonasi

Minuman berkarbonasi seperti soda dapat meningkatkan tekanan di lambung dan juga merangsang produksi asam lambung. Sebaiknya hindari minuman berkarbonasi pada waktu berbuka puasa.

7. Makanan Tinggi Gula

Makanan tinggi gula, khususnya yang digunakan mengandung gula tambahan, dapat mengganggu keseimbangan pH lambung kemudian memperburuk gejala asam lambung. Hindari makanan manis seperti kue-kue, permen, juga minuman bersoda.

Itulah tujuh jenis makanan juga minuman yang harus dihindari penderita asam lambung ketika berbuka puasa. Selain itu, setiap individu dapat miliki reaksi yang tersebut berbeda terhadap makanan tertentu, jadi penting untuk memperhatikan gejala serta menghindari makanan atau minuman yang mana memicu gejala asam lambung setelahnya berbuka puasa.

Related Articles

Back to top button