Kesehatan

8 Hal yang mana Terlaksana pada Tubuh Jika Tidak Sahur, Bahaya bagi Bidang Kesehatan

Kertasleces.co.id – JAKARTA – Ada beberapa hal yang digunakan terjadi pada tubuh apabila tak sahur selama puasa Ramadan. Melewati sahur atau tidak ada makan juga minum sebelum berpuasa dapat menyebabkan berbagai dampak negatif pada tubuh.

Certified health coach, dr. Dion Haryadi, PN1, CHC, AIFO-K mengungkapkan bahwa sebagian orang kerap melewatkan sahur ketika puasa dikarenakan berbagai alasan. Padahal, sahur penting untuk tubuh lantaran membantu menutrisi selama menjalani puasa sepanjang hari.

“Saya lihat banyak teman-teman yang mana suka skip sahur ya ternyata. Padahal sahur itu penting banget, khususnya buat kamu yang mau puasanya lancar. Sahur itu mampu bantu kamu jaga rasa lapar serta bantu menutrisi permintaan nutrisimu selama berpuasa,” kata dr. Dion disitir dari akun Instagram pribadinya, @dionharyadi, Selasa (12/3/2024).

Hal yang Terjalin pada Tubuh Jika Tidak Sahur

Berikut beberapa hal yang terjadi pada tubuh jikalau tidaklah selama puasa Ramadan.

8 Hal yang digunakan Terjalin pada Tubuh Jika Tidak Sahur, Bahaya bagi Kesehatan

Foto/Infografis SINDOnews

1. Penurunan Kadar Gula Darah

Salah satu efek paling umum dari tidaklah sahur adalah penurunan kadar gula darah. Ketika Anda tidur, tubuh terus-menerus menggunakan glukosa sebagai sumber energi. Melewatkan makanan juga minuman pada waktu sahur dapat menyebabkan penurunan ekstrem pada kadar gula darah. Ini adalah dapat menyebabkan gejala seperti pusing, lemas, gemetar, juga bahkan pingsan.

2. Dehidrasi

Melewatkan sahur juga berarti Anda melewatkan kesempatan untuk minum cairan pasca waktu tidur yang dimaksud panjang. Hal ini dapat menyebabkan dehidrasi, khususnya dalam daerah-daerah dengan iklim panas atau bagi merek yang mana berpuasa di area musim panas.

3. Penurunan Tenaga kemudian Produktivitas

Sahur memberi tubuh Anda sumber energi yang mana diperlukan untuk memulai hari berpuasa. Tanpa sahur, Anda merasa lelah, lemah, serta kurang produktif selama hari itu.

Related Articles

Back to top button