Lifestyle

8 Pertemuan Imlek Bareng Keluarga yang Seru dan juga Menyenangkan, Biar Gak Jenuh Saat Libur!

Kertasleces.co.id – Momen Hari Raya Imlek yang dimaksud jatuh pada 10 Februari 2024 kerap dijadikan kompetisi umat Konghucu kumpul keluarga. Apa belaka ya, kegiatan Imlek agar suasana lebih tinggi semarak?

Chinese New Year 2024 pada Indonesia, termasuk hari libur nasional kemudian jatuh pada akhir pekan sehingga semua anggota keluarga bisa jadi berkumpul untuk merayakannya. Ditambah umumnya persiapan Hari Raya Imlek sudah ada mulai dijalankan 2 pekan sebelum hari H.

Berikut ini rekomendasi kegiatan Imlek 2024, yang tersebut bisa jadi dijalankan mengambil China Highlights, hari terakhir pekan (26/1/2024).

Imlek (pexels)
Imlek (pexels)

1. Membersihkan rumah

Kegiatan membersihkan rumah sudah ada jadi tradisi penduduk Tionghoa jelang Hari Raya Imlek. Kegiatan yang mana melambangkan menyingkirkan barang lama untuk mengucapkan selamat tinggal pada tahun lama dan juga menyambut tahun baru Imlek, tambahan asik diadakan sama-sama keluarga dan juga jadi momen family time.

2. Berbelanja

Sebagai persiapan menyambut tahun baru, umumnya umat Konghucu akan berbelanja memberi beragam makanan, jajanan, dekorasi, pakaian hingga kembang api untuk acara tahun baru. Acara ini juga akan lebih tinggi menarik dijalankan sama-sama anggota keluarga.

3. Makan di malam hari keluarga

Makan di malam hari sebelum tahun baru Imlek atau reunion dinner, merupakan kegiatan wajib diadakan sama-sama seluruh anggota keluarga. Tapi apabila ingin suasana baru, seperti sekalian liburan di area Bali, mampu makan di malam hari mewah Senses yang secara khusus menyajikan masakan internasional kemudian spesialisasi Tiongkok dengan konsep prasmanan sehingga suasana lebih banyak santai lalu hangat.

4. Saling memberi angpau

Saat hari raya Imlek, biasanya orang tua memberikan angpao sebagai amplop merah terhadap anak-anak setelahnya reunion dinner. Di momen ini sesama anggota keluarga akan saling mendoakan kesehatan, kemudian rezeki yang tersebut semakin baik dalam tahun mendatang.

Warga lanjut usia (lansia) menunjukkan angpau yang mana diterimanya dari Yayasan Kelenteng Tay Kak Sie, Semarang, Jawa Tengah, Hari Jumat (22/1/2021).  [ANTARA FOTO/Aji Styawan]
Warga lanjut usia (lansia) menunjukkan angpau yang tersebut diterimanya dari Yayasan Kelenteng Tay Kak Sie, Semarang, Jawa Tengah, Hari Jumat (22/1/2021). [ANTARA FOTO/Aji Styawan]

Apalagi uang di amplop merah dipercaya menyebabkan keberuntungan bagi warga Tiongkok.

5. Ikut perayaan di tempat taman

Umumnya ketika Imlek, ada perayaan kegiatan tradisional pada taman untuk merayakan hari pertama tahun baru Imlek. Uniknya, taman tropis rimbun di tempat jantung resor, Senses mempunyai pemandangan lanskap yang indah, lengkap dengan duduk luar ruangan.

6. Ikut acara festival lentera

Selama periode awal tahun baru China, berbagai festival yang mana diadakan penduduk Tiongkok, termasuk festival lentera yang dimaksud banyak dilakukan dalam berbagai tempat umum. Seperti di area laut, sungai, hingga danau.

7. Minum teh bersama

Sambil menanti persiapan tahun baru atau pasca Imlek terjadi, bisa saja dengan menikmati minum teh dengan anggota keluarga sambil berbincang dengan percakapan dalam. Seperti konsep prosperous afternoon tea yang diadakan Ritz Carlton Bali periode 7 hingga 13 Februari 2024 yang mana menyajikan camilan kemakmuran khas Imlek.

8. Menonton pesta kembang api

Salah satu kegiatan yang dimaksud sebaiknya tak dilewatkan ketika tahun baru Imlek, yaitu pesta kembang api. Umumnya di tempat Indonesia kegiatan ini diadakan di tempat Chinatown yang tersebut terdapat dalam berbagai daerah.

Apalagi ada kepercayaan semakin keras ucapan petasan, maka semakin baik kemudian beruntung industri hingga pertanian yang tersebut akan dihadapi dalam tahun mendatang.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button