Otomotif

Ada yang mana Janggal dengan Koleksi Mobil Menteri Bahlil, Harganya Tak Masuk Akal

Kertasleces.co.id – Nama Menteri Penanaman Modal Bahlil Lahadalia menjadi perbincangan umum lantaran dugaan menerima suap dari perizinan tambang. Kabar ini pun sudah pernah dipelajari oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“KPK mencermati informasi yang digunakan disampaikan rakyat atau laporan investigasi majalah Tempo,” kata Alex dihubungi wartawan, Awal Minggu (4/3/2024).

Terlepas dari kabar tersebut, masyarakat tentunya penasaran dengan sosok Menteri Bahlil termasuk dengan harta kekayaannya.

Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Menteri Bahlil tercatat terakhir melaporkan pada tahun 2022 silam dimana ia menjabat sebagai Menteri Investasi/ Kepala Badan Sinkronisasi Penanaman Modam (BPKM).

Tercatat ia melaporkan harta kekayaan sebesar Rupiah 302.467.616.354. Sejumlah harta milik Bahlil diketahui tersebar pada beberapa aset. Ia miliki 11 bidang tanah kemudian bangunan yang digunakan jikalau ditotal bernilai Rp284.099.500.000.

Koleksi Kendaraan Menteri bahlil (LHKPN)
Koleksi Kendaraan Menteri bahlil (LHKPN)

Selain itu, Menteri Penyertaan Modal ini juga mempunyai 2 alat transportasi terdiri dari mobil seharga Rp115.600.000, surat berharga senilai Rp2.012.500.000, lalu kas bernilai Rp16.240.016.354.

Yang menjadi sorotan, yakni koleksi kendaraan yang tersebut dimiliki Menteri Bahlil. Tercatat, ia melaporkan dua kendaraannya merupakan mobil Toyota Harrier lansiran 2007 juga Honda CR-V 2010.

Kedua mobil ini dinilai memiliki harga jual tak wajar di laporannya. Tercatat Toyota Harrier 2007 dilaporkan mempunyai nilai jual senilai Rupiah 68 juta. Sedangkan Honda CR-V 2010 tercatat miliki nilai jual di tempat bilangan Rupiah 47,6 juta.

Ilustrasi Honda CR-V (Shutterstock).
Ilustrasi Honda CR-V (Shutterstock).

Jika menilik dari situs jual beli mobil bekas, kedua koleksi Menteri Bahlil memiliki nilai terpencil di dalam melawan yang tersebut dilaporkannya.

Toyota Harrier memiliki nilai jual dalam bilangan Rupiah 175 jutaan. Itupun tergantung kondisi dari unit tersebut.

Sedangkan Honda CR-V pada bursa mobil bekas dipatok di area harga jual Rupiah 110 jutaan. Terdapat selisih hampir separuh yang dimaksud dilaporkan Menteri Bahlil dengan range harga jual dalam pangsa mobil bekas.

Related Articles

Back to top button