Lifestyle

Adu Pendidikan Hotman Paris vs Mahfud MD, Menkopolhukam Kena Lemparan Sindiran Pengacara Nyentrik

Kertasleces.co.id – Tak dapat dipungkiri bahwa Mahfud MD serta Hotman Paris sama-sama menjadi tokoh besar dalam dunia penegakan hukum di area Tanah Air.

Kendati demikian, Pilpres 2024 menghasilkan keduanya saat ini berseberangan di menentukan sikap politik.

Bahkan, Hotman Paris pada masa kini diduga melayangkan sindiran pedas terhadap sosok Menteri Koordinator Sektor Politik, Hukum, kemudian Security (Menko Polhukam) sekaligus cawapres dari Ganjar Pranowo itu.

Hotman menyayangkan ada sosok yang dimaksud kerap menyerang etika dari sosok cawapres nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka pada debat keempat pilpres 2024 pada Hari Minggu (21/1/2024) lalu.

Padahal, sosok yang disebutkan juga dinilai tak beretika. Sebab, sosok yang disebutkan kerap menentang Presiden Joko Widodo alias Jokowi sebelum ia mendapatkan jabatan mentereng.

Sosok yang dimaksud pada saat ini menjadi ‘lunak’ lalu bersahabat dengan Jokowi seusai mendapat kursi sebagai menteri. Diduga, sosok yang disebutkan adalah Mahfud MD.

“Ada Menteri yang digunakan masih duduk di tempat kabinetnya Presiden, akan tetapi telah dilakukan memilih jalur haluan Politik yang tersebut berbeda bahkan menyerang kesuksesan dari kabinet Jokowi tapi beliau masih duduk sampai hari ini sebegai Menteri,” kata Hotman di videonya.

Lantas, seperti apa institusi belajar Hotman Paris yang berani menyindir Mahfud MD yang digunakan bergelar professor tersebut? Berikut adu lembaga pendidikan Hotman Paris vs Mahfud MD.

Pendidikan Hotman Paris: Lulusan Negeri Kangguru

Meski bukanlah manusia guru besar seperti Mahfud, Hotman Paris miliki sekolah yang dimaksud tak kaleng-kaleng.

Sebab, ia merupakan lulusan perguruan tinggi luar negeri.

Hotman Paris memulai perjalanan sekolah tingginya di area Fakultas Hukum Universitas Parahyangan, Bandung

Tak puas dengan peringkat sarjana, Hotman terbang ke Australia juga mengambil kegiatan Bidang Studi Hukum University of Technology, Sydney.

Ia kembali ke Tanah Air juga kuliah Pengetahuan Hukum Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Terakhir, ia mengakhiri perjalanan pendidikannya dengan mengambil kegiatan doktor dalam Fakultas Hukum Universitas Padjajaran, Bandung.

Pendidikan Mahfud MD: Guru besar hukum

Hotman Paris terbilang nekat mencela sosok Mahfud MD yang digunakan bergelar guru besar hukum.

Ternyata, Mahfud juga merupakan manusia santri yang belajar dalam Pondok Pesantren al Mardhiyyah. Ia juga mengambil studi tingkat SMA di dalam Sekolah Pendidikan Guru Agama (PGA) Negeri serta Pendidikan Hakim Islam Negeri (PHIN).

Usai tamat SMA, Mahfud kuliah di dalam S1 di area Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia. Pria hernama asli Mohammad Mahfud Mahmodin ini juga mengejar double degree di Jurusan Sastra Arab di area Universitas Gadjah Mada namun tak selesai.

Ia melanjutkan institusi belajar mengambil jurusan Pengetahuan Politik, Universitas Gajah Mada.

Politisi berdarah Madura ini menuntaskan pendidikannya dalam Rencana Doktoral S3, Pengetahuan Hukum Tata Negara, Universitas Gajah Mada.

Sebagai informasi, Mahfud juga mengabdi sebagai dosen lalu Guru Besar di area Universitas Islam Indonesia.

Kontributor : Armand Ilham

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button