Nasional

Aksi Pemakzulan Jokowi, Berbagai Mahasiswa Sobek Senyum Manis Para Caleg pada Spanduk dan juga Anggap Sampah

Kertasleces.co.id – Aksi long march beratus-ratus pelajar dari berbagai kampus di dalam Ibukota sempat memproduksi arus lalu lintas di tempat Jalan Tomang Raya, Ibukota Barat, padat merayap. Mssa yang disebutkan hendak mengatur aksi demonstrasi pemakzulan Jokowi.

Awalnya, massa yang tersebut telah berkumpul dalam Tugu Reformasi Universitas Trisakti, Grogol Petamburan, Ibukota Indonesia Barat, mulai melakukan long march ke arah Harmoni.

Pantauan Suara.com, massa aksi yang digunakan tergabung dari beberapa universitas ini kerap merusak alat peraga kampanye (APK) baik partai kebijakan pemerintah maupun para calon legislatif (Caleg).

Mereka merobek senyum manis para caleg yang digunakan terpampang di dalam spanduk atau baliho-baliho pinggir jalan. Mulai dari yang dimaksud berukuran kecil hingga besar tak luput dari aksi perobekan yang dimaksud dijalankan mereka.

“Bikin sampah saja,” kata salah manusia masa aksi sembari merobek baliho pada Tomang, Ibukota Indonesia Barat, Rabu (7/2/2024).

Dalam aksinya, para siswa ini akan menyampaikan 4 tuntutan. Adapun keempat tuntutan yang digunakan akan disuarakan di dalam antaranya yakni memakzulkan Presiden Joko Widodo.

Kemudian memboikot partai urusan politik yang dimaksud tidaklah mengupayakan pemakzulan Jokowi, kemudian mendesak agar para menteri untuk mundur dari kabinet pemerintahan kabinet Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Terakhir, menyerukan berunjuk rasa di dalam berbagai seluruh Indonesia sampai Presiden Joko Widodo dimakzulkan.

Kemudian ada 10 isu yang dimaksud akan digaungkan oleh pihak mahasiswa, yakni tentang pemilihan umum curang, korupsi, kolusi kemudian nepotisme. Kemudian perihal konflik agraria, monopoli sumber daya alam.

Kerusakan lingkungan, sekolah kemudian kebugaran mahal, dan juga kebebasan sipil.

Keadilan perekonomian lalu gender, kekerasan aparat, juga item hukum bermasalah juga menjadi isu yang tersebut akan disuarakan.

Sempat Diintimidasi

Sebelumnya beberapa siswa dari berbagai kampus yang melakukan diskusi lalu konsolidasi merespon situasi negara ketika ini, diintimidasi pada Hari Sabtu (3/2/2024) malam.

Kantor KontraS di area Ibukota digeruduk puluhan orang gegara dituding menjadi provokator isu pemakzulan Jokowi. (Foto: Dokumen KontraS)
Kantor KontraS di area Ibukota digeruduk puluhan orang gegara dituding menjadi provokator isu pemakzulan Jokowi. (Foto: Dokumen KontraS)

Iqbal yang mana ketika itu berada di dalam lokasi mengatakan, pada waktu diskusi sedang berlangsung ada sekelompok orang bukan dikenal atau OTK mencoba merangsek masuk kemudian membubarkan acara diakusi tersebut.

“Ketika dilarang mereka marah kemudian terjadi cekcok,” ucapnya.

Akibat cekcok tersebut, manusia pelajar kampus Trilogi menjadi korban usai kepalanya disundul oleh salah orang otk yang tersebut berpostur tegap dengan dermis gelap tersebut.

“Korban disundul kepalanya, sekelompok orang berbadan besar ini intinya ingin membubarkan diskusi,” jelasnya.

Iqbal menyebut, kelompok ini juga yang dimaksud sempat mengadakan aksi pada depan kantor Komisi untuk Orang Hilang serta Korban Tindak Kekerasan (KontraS) serta Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta.

Saat itu mereka itu menuding KontraS lalu YLBH menjadi pelopor isu tentang pemakzulan Presiden Jokowi.

Related Articles

Back to top button