Nasional

Anies Sia-sia Jika Tidak Jadi Presiden, Begini Caranya Menarik Simpati Publik

Kertasleces.co.id – Calon Presiden (Capres) nomor urut 01 dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan mengadakan acara Desak Anies di area Purwokerto, Jawa Tengah, pada Rabu (24/1/2024) lalu.

Dalam acara tersebut, orang audien mengungkapkan bila di pemilihan umum kali ini menyebabkan keluarganya terpecah menjadi 3 kubu lantaran ayahnya memilih paslon 03, ibunya memilih paslon 02 sedangkan dirinya memilih Anies-Cak Imin (AMIN).

Dalam video menyebar yang dimaksud beredar di area media sosial, seseorang perempuan bernama Bela menyampaikan Anies terlalu sia-sia apabila tidak ada terpilih sebagai Presiden. Seperti yang tersebut dikutipkan pada unggahan akun TikTok @rezaardo0.

“Dikeluarga saya terbagi jadi tiga kubu, saya milih bapak, ibu saya milih kubu sebelah 02, bapak saya pilih kubu sebelah 03,” ucap wanita tersebut.

“Kebetulan kan sebelumnya Gubernurnya beliau jadi saya ingin bertanya dalam di tempat ini biar menguatkan pilihan saya sekaligus bisa saja menjelaskan keluarga kalau dapat mengambil bagian milih bapak gitu. Karena bapak terlalu sia-sia kalau gak terpilih jadi Presiden pak,” sambungnya.

Menanggapi hal tersebut, Anies menyampaikan bukan ada paslon lain yang tersebut menyebabkan acara dialog seperti dirinya. Ia mengumumkan bila di acara yang disebutkan para pemilih bisa jadi menyamakan pemikiran dengan Capres yang ingin dipilihnya.

“Gini Bela, komunikasikan terhadap ibu juga ayah, paling tidak ada bisa jadi bilang pasangan mana yang berikan kesempatan dialog seperti ini, simpel sekali,” kata Anies menanggapi pertanyaan perempuan pada video.

Mantan Gubernur DKI DKI Jakarta itu pun memaparkan alasan dirinya membuka ruang dialog dengan umum melalui rencana Desak Anies agar rakyat bisa saja mengetahui sebarapa banyak kesamaan pikiran dengan calon presidennya.

“Saya ingin ungkapkan nih, kenapa dialog ini diberikan, begini, teman-teman kita rakyat Indonesia ini akan memilih orang jadi anda harus tau seberapa banyak kesamaan pikiran beliau si calon dengan aspirasi saya,” ungkap Anies Baswedan.

Anies pun mengumumkan setiap jawaban yang mana ia lontarkan tentu belum pasti disetujui semua orang. Namun, ia meyakinkan rakyat bisa saja menilai pikirannya juga mencocokan kesamaannya.

“Tadi saya memberikan jawaban, tidaklah mungkin saja semua orang setuju 100 persen tapi paling tiada pasangan nomor 1 memberikan kesempatan untuk rakyat menilai pikirannya lalu mencocokkan kesamaannya,” imbuhnya.

Kata Anies, publik perlu berpikir rasional ketika memilih pemimpin negara untuk 5 tahun ke depan. Ia bahkan seolah menyindir Prabowo Subianto yang mana gemar joget ketika kampanye.

“Kita mau nyari pemimpin harus tau aslinya dong, misalnya, tenang apa tidak, emosional apa tidak. Tapi kalau itu pidato bisa jadi ditutupi pakai kosmetik tapi kalau dialog begini otentik,” ujar Anies.

“Saya selalu bilang, saya tidak ada memohonkan anda memilih saya tapi saya memohonkan anda menjadi pemilih rasional. Apa artinya pemilih rasional? pemilih yang memperbandingkan. Silahkan perbandingkan apa hanya boleh, membandingkan rambutnya boleh, memperbandingkan jogetnya boleh,” sambungnya lagi.

Ucapan Anies yang dimaksud pun sontak memproduksi para audien pun bersorak juga tertawa. Menurutnya, rasional apabila ingin membandingkan dengan calon yang mana jago joget, namun masalahnya pada waktu bukanlah saatnya memilih orang untuk joget.

“Loh boleh, kan rasional bukan. Kalau orang memang benar senang joget beliau pengen bandingin jago joget yang mana boleh, masalahnya kita gak lagi milih orang untuk joget, masalahnya kita milih orang untuk ambil kebijakan jadi tanyanya juga jangan definisi tanyanya policy,” pungkas Anies.

Melihat unggahan yang dimaksud banyak netizen yang berkomentar positif dengan memuji Anies Baswedan. Bahkan ada juga yang digunakan berkelakar keluarganya enggan memilih Anies namun memilih Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

“ngerasa gasih kalo abah ini lagi mencerdaskan kita semua,” tulis @muhamadindra38 mengomentari unggahan video menyebar tersebut.

“Anies Baswedan memang benar tiada 2 lalu 3 nya dehk .jakarta aja di area pimpin Anies dapat jdi kota percontohan Dunia.ANIES BASWEDAN IS THE BEST PRESIDEN RI 2024,” kata @aafdol77 mengambil bagian berkomentar.

“Sebenarnya bukanlah Pak Anis yg butuh jabatan presiden,tapi rakyat yang tersebut butuh Pak Anis jadi presiden (emoi love),” ungkap @inovasi.dentalsains tampak memuji Mantan Gubernur DKI Ibukota Indonesia itu.

“capres mana yang tersebut secerdas ini di dalam depan rakyat asli (emoji love 3x),” ujar @zr.hesti. “Di keluarga gw, keknya cuma gw yg pilih pak Anies. udh dikasi tau prestasi pak Anies ampe pnghargaan2nya.
tp kekeuh, kluarga gw ttp pilih Cak Imin,” kata @benzimann_ berkelakar.

Kontributor : Mira puspito

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button