Teknologi

Apa Itu FUP di Paket Internet, Unlimited Tapi Terbatas?

Kertasleces.co.id – Banyak pengguna yang bertanya-tanya tentang apa itu FUP di paket internet. Sebenarnya, apa itu FUP pada paket internet? Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Secara garis besar, FUP adalah singkatan dari Fair Use Policy atau kebijakan batas pemanfaatan wajar suatu paket internet. Beberapa di dalam antara Anda mungkin saja rutin bertanya-tanya mengapa kecepatan internet Anda tanpa peringatan melambat. Jika Anda berada di permasalahan ini, kemungkinan besar Anda sedang menghadapi permasalahan dengan FUP dalam broadband. 

Ya, salah satu faktor umum lambatnya kecepatan internet adalah penerapan Fair Use Policy (FUP). Pembatasan kecepatan internet ini  secara otomatis diaktifkan ketika Anda melebihi batas data paket broadband pilihan Anda, sehingga memunculkan kecepatan broadband yang digunakan lambat.

Apa Itu Kebijakan Pemakaian Wajar (FUP)

Kebijakan Pemanfaatan Wajar (FUP) adalah seperangkat pedoman yang mana diberlakukan oleh penyedia layanan internet (ISP) untuk melakukan konfirmasi akses internet yang tersebut adil dan juga setara bagi semua pengguna. 

Sistem ini dirancang untuk menghindari penyalahgunaan kemudian kemacetan jaringan dengan membatasi pemanfaatan data pelanggan individu.

Banyak penyedia broadband memberlakukan batasan data yang disebut Kebijakan Pemanfaatan Wajar atau FUP. 

Misalnya, apabila Anda telah dilakukan berlangganan paket broadband 4 Mbps selama sebulan lalu telah dilakukan melintasi batas tersebut, dengan demikian maka penyedia broadband akan secara otomatis menurunkan kecepatan internet Anda untuk bulan berikutnya.

Namun bagaimana apabila provider bilang itu adalah paket internet unlimited?

Tidak ada yang dimaksud tidaklah terbatas, Andai paket internet yang digunakan Anda beli dilabeli dengan “Unlimited”, maka beberapa di area antara mereka akan menambahkan embel-embel batas pemakaian apabila diperlukan.

Misalnya sekadar Smartfren yang mana menyatakan paket internet Unlimited merek dengan batasan FUP tertentu. Jika Anda telah berada pada batas FUP, maka kecepatan internet Anda akan secara otomatis diturunkan.

Namun ada juga provider yang dimaksud benar-benar memproduksi skema Unlimited di dalam paket internetnya, misalnya semata Indosat yang dimaksud memberikan paket internet Unlimited selama 24 jam.

Mengapa provider memberlakukan FUP di dalam beberapa paket internet mereka?

Alasannya jelas yakni demi keadilan bagi pengguna internet. Sebagai contoh, misalkan satu dari Anda berbagi saluran yang dimaksud sebanding mencoba mengunduh file berukuran besar, pengguna lain akan kesulitan dengan kecepatan broadband yang digunakan sama.

Untuk menghindari skenario seperti itu, penyedia broadband menerapkan FUP. Hal ini membantu mereka itu membatasi konsumsi internet selama jam sibuk. 

Hal ini, pada gilirannya, membantu Anda terus-menerus memberikan kualitas internet tertinggi. Misalnya, jikalau koneksi broadband Anda mempunyai kecepatan 24 Mbps kemudian unduhan tidak ada terbatas, kemungkinan besar bandwidth Anda akan dibatasi selama jam sibuk.

Itulah penjelasan lengkap tentang apa itu FUP pada paket internet. Semoga informasi ini membantu.

Kontributor : Damai Lestari

Related Articles

Back to top button