Lifestyle

Apa Itu PTPS di Pemilu? Segini Besaran Gaji yang mana Didapatkan

Kertasleces.co.id – Pemungutan Suara Pemilihan Umum 2024 sebentar lagi akan berlangsung. Agar acara berjalan lancar, dibutuhkan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS). Lantas, apa itu PTPS di pemilihan serta berapa gajinya? Berikut ini ulasannya.

Diketahui, Pemilihan Umum 2024 akan dijalankan pada Rabu, 14 Februari 2024. Tahun ini, pilpres akan dilangsungkan secara serentak. Mulai dari pemilihan DPR, DPD, hingga DPR akan dijalankan secara bersamaan dengan Pilpres.

Maka dari itu, keberadaan PTPS jadi salah satu bagian penting di Pemilu. Pasalnya, merekan inilah yang digunakan akan menentukan kualitas jalan pemungutan maupun perhitungan suara. Nah untuk selengkapnya, berikut ini penjelasan apa itu ptps pada pemilihan umum dan juga berapa gajinya.

Apa Itu PTPS Pemilu?

Berdasarkan Peraturan Bawaslu No 1 Th 2020 Pasal 1 ayat (11), pengertian PTPS adalah petugas yang tersebut dibentuk Panwaslu Kecamatan guna membantu Panwaslu Kelurahan/Desa. Sedangkan, Panwaslu sendiri merupakan Pengawas Pemilihan Umum yang tersebut dibentuk Bawaslu.

Adapun jumlah total PTPS pada setiap TPS yaitu 1 orang. Hal ini sesuai dengan pasal 43 ayat (2) pada Peraturan Bawaslu No 1 Tahun 2020. Sedangkan untuk pendapatan PTPS 2024 yaitu Rp1.000.000 per bulan

Tugas PTPS Pemilu

Berdasarkan Pasal 43 ayat (3) Peraturan Bawaslu No 1 Th 2020, ada beberapa tugas kemudian kewajiban yang digunakan diemban PTPS. Adapun tugas-tugasnya sebagai berikut

– Pencegahan dugaan terjadinya pelanggaran Pemilu
– Pengawasan tahapan pemungutan & penghitungan surat kata-kata pada Pemilu
– Pengawasan pergerakan hasil proses penghitungan suara
– Penerimaan laporan dan/atau temuan adanya dugaan pelanggaran Pemilu
– Penyampaian laporan dan/atau temuan adanya dugaan pelanggaran Pemilihan Umum terhadap Panwaslu/Panwas Kecamatan lewat Panwaslu Kelurahan/Desa/PPL

Wewenang PTPS Pemilu

Selain miliki tugas, setiap PTPS juga mempunyai wewenang sebagai pengawas. Adapun wewenang PTPS yakni sebagai berikut:

  • Menyampaikan keberatan apabila ditemukannya adanya dugaan, pelanggaran, kesalahan dan/atau penyimpangan, administrasi pemungutan maupun penghitungan suara
  • Menerima salinan berita acara dan juga salinan sertifikat pemungutan & penghitungan suara
  • Melaksanakan wewenang lainnya sesuai ketentuan di peraturan perundang-undangan.

Sebagai informasi tambahan, selain tugas kemudian wewenang seperti yang digunakan disebutkan di tempat atas, PTPS juga dapat melakukan koordinasi serta konsultasi dengan PTPS lainnya guna kepentingan penyelenggaraan Pemilu.

Demikian ulasan mengenai apa itu PTPS pada pilpres juga berapa gajinya yang digunakan perlu diketahui. Sebagai informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button