Lifestyle

Apakah Tanggal 14 Februari 2024 Libur? Hari Spesial Coblosan pemilihan raya juga Valentine

Kertasleces.co.id – Jika dilihat dari kalender, hari Rabu, 14 Februari 2024 bukanlah tanggal merah, tetapi apakah itu artinya hari dalam mana pemilihan umum diadakan itu tidaklah libur? Simak ulasan berikut untuk jawabannya.

Apakah tanggal 14 Februari 2024 libur?

Meski tak tercantum pada kalender, hari Rabu, 14  Februari 2024 telah ditetapkan sebagai hari libur nasional sebagai peringatan tegas pemilu. Penetapan hari libur ini tentu disertai alasan yang mana cukup kuat.

Pemerintah menetapkan pemilihan umum sebagai hari libur supaya publik Indonesia lebih tinggi mudah di menyalurkan ucapan dan juga tiada menjadi golongan putih atau golput.

Pasalnya, tak hanya sekali memilih presiden, di area tanggal 14 Februari 2024 mendatang, Anda juga akan memilih anggota DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, serta DPRD Kabupaten/Kota yang akan menjawab selama lima tahun ke depan.

Mengingat pilpres presiden kali ini dihadiri oleh oleh tiga pasangan capres lalu cawapres, maka besar kemungkinan bahwa pilpres akan diselenggarakan di dua putaran. Namun, sampai ketika ini belum ada informasi pasti apakah pemilihan umum putaran kedua akan dijadikan hari libur juga.

Selain pemilu, kebetulan tanggal 14 Februari juga bertepatan dengan perayaan valentine. Bagi mereka yang melakukannya, libur pada hari kasih sayang ini menjadi waktu yang tepat untuk mendekatkan hubungan dengan pasangan atau keluarga.

Daftar libur dalam bulan Februari 2024

Bukan hanya sekali libur pemilihan umum atau pemilu, bulan Februari ini memang benar memiliki cukup banyak libur nasional kemudian cuti bersama.

Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri Nomor 855 Tahun 2023 Nomor 3 dan juga 4 Tahun 2023 tentang Hari Libur Nasional serta Cuti Bersama 2024, di dalam bulan Februari ini akan ada dua libur nasional dan juga satu cuti bersama. Berikut adalah daftarnya.

  • Kamis, 8 Februari 2024: Libur nasional Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW.
  • Jumat, 9 Februari 2024: Cuti bersatu Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili.
  • Sabtu, 10 Februari 2024: Libur Nasional Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan libur tambahan dalam hari Rabu, 14 Februari 2024. Dengan begitu, Anda akan miliki total empat hari libur dalam bulan Februari 2024.

Namun, aturan cuti dengan mungkin saja berbeda pada setiap tempat kerja, pastikan Anda memastikannya terlebih dahulu sebelum mengambil libur panjang.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button