Teknologi

Apple Akhirnya Tiru Fitur Android, Pertama Kalinya di Sejarah

Kertasleces.co.id – Apple akhirnya mengizinkan fasilitas sideloading untuk pertama kalinya pada sejarah. Dengan ini maka pengguna tak perlu lagi mengunduh aplikasi mobile dari toko App Store.

Bagi yang dimaksud belum tahu, Sideloading adalah fasilitas yang digunakan memungkinkan pengguna untuk menginstal aplikasi mobile di area luar toko resmi. Fitur ini sudah ada lama diterapkan di tempat HP Android.

Selama ini Apple memang sebenarnya tak mengizinkan program dipasang dari luar App Store, baik itu di area hasil seperti iPhone (HP), Macbook (laptop), hingga iPad (tablet). Sebab perusahaan menganggap kalau tindakan itu adalah ilegal juga membahayakan keamanan data pengguna.

Fitur sideloading akhirnya sudah ada bisa saja dinikmati pengguna Apple lewat pembaruan sistem operasi (update OS) iOS 17.4 yang digunakan akan dirilis pada Maret 2024 mendatang.

Alasan Apple mengizinkan sideloading ini dikarenakan Undang-Undang Pasar Digital alias Digital Markets Act (DMA) yang digunakan diterapkan di area Uni Eropa, disitir dari Android Authority, hari terakhir pekan (26/1/2024).

Aturan ini menciptakan App Store tiada lagi jadi media eksklusif untuk mengunduh aplikasi. Bahkan Apple juga mengizinkan browser lain seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox sebagai jaringan bawaan pengganti Safari.

Sayangnya kebijakan baru sideloading ini semata-mata diizinkan Apple untuk para penggunanya pada Eropa. Mereka bukan membuka akses yang dimaksud ke wilayah lain, termasuk Indonesia.

Kendati begitu, Apple saat ini mengizinkan App Store untuk menyediakan layanan streaming game seperti yang tersebut ada dalam Xbox juga Nvidia.

Meski tak lagi eksklusif, kebijakan sideloading ini juga sanggup mempunyai risiko untuk pengguna Apple. Sebab itu dapat meningkatkan kerentanan pada privasi juga keamanan konsumennya.

Misalnya, pengguna iPhone sanggup disusupi malware akibat telah menginstal perangkat lunak dari toko pihak ketiga. Maka dari itu Apple akan mencegahnya dengan fasilitas proteksi baru di dalam iOS 17.4 nanti.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button