Teknologi

Apple juga Samsung Balapan Kembangkan Peneliti Gula Darah tanpa Jarum Suntik

Kertasleces.co.id – Samsung juga Apple sama-sama sedang meningkatkan kemampuan pada teknologi wearable.

Kali ini fokusnya pada pengembangan metode non-invasif untuk memantau metrik kondisi tubuh penting seperti kadar glukosa darah juga tekanan darah.

Gelombang kompetisi baru ini diharapkan menghadirkan kemajuan signifikan pada perangkat pemantauan kondisi tubuh pada lima tahun ke depan.

Apple juga telah lama mengeksplorasi teknik pemantauan glukosa darah non-invasif selama bertahun-tahun.

Metode-metode ini bertujuan untuk menghilangkan keinginan akan tindik lapisan kulit serta pengambilan darah, sehingga prosesnya lebih banyak mudah bagi pasien.

Sementara itu, Huawei telah terjadi merilis jam tangan tahun lalu, Huawei Watch 4, yang digunakan menampilkan kemampuan pemantauan glukosa non-invasif.

Huawei Watch Fit 2 serta Huawei Watch GT 3 Pro akan dijual di tempat Indonesia pada 10 Juni 2022. [Dok Huawei]
Huawei Watch Fit 2 serta Huawei Watch GT 3 Pro akan dijual dalam Indonesia pada 10 Juni 2022. [Dok Huawei]

Fungsi ini menilai risiko gula darah tinggi dengan mengukur sepuluhan metrik kesehatan, namun tidaklah secara dengan segera membaca kadar glukosa darah.

Namun, terdapat ketidakpastian mengenai keakuratan juga fungsionalitas pembaharuan Huawei di dalam bidang ini.

Hon Pak, Head of Digital Health Samsung Mobile, menyoroti di wawancara Bloomberg, sebagaimana mengambil laman Gizmochina, Rabu (24/1/2024), tentang pentingnya pemantauan glukosa darah non-invasif untuk pasien diabetes.

Ia menekankan bahwa perangkat wearable yang dimaksud mampu mengukur tekanan darah serta glukosa darah secara terus menerus akan merevolusi manajemen kesehatan.

Pak mencatat bahwa teknologi ini akan tersedia di beberapa bentuk di lima tahun ke depan, meskipun tiada ada jangka waktu spesifik yang dimaksud diberikan.

Samsung Galaxy Watch sudah ada menyertakan ciri pengukuran tekanan darah, namun memerlukan kalibrasi yang digunakan banyak juga tiada memberikan pemantauan terus menerus.

Juru bicara yang disebutkan juga berbicara tentang Galaxy Ring Samsung yang mana akan datang, perangkat wearable yang digunakan berfokus pada pelacakan aktivitas lalu kualitas tidur.

Seiring waktu, ini akan mencakup lebih besar banyak layanan pemantauan kesehatan.

Cincin ini dirancang untuk kenyamanan, memungkinkan pemakaian terus menerus untuk pelacakan data kondisi tubuh yang tersebut akurat.

Bocoran Galaxy Ring. [YouTube/Samsung]
Bocoran Galaxy Ring. [YouTube/Samsung]

Keunggulannya dibandingkan jam tangan pintar terletak pada daya tahannya yang dimaksud berkelanjutan, sebab jam tangan pintar kerap kali perlu dilepas untuk mengisi daya, sehingga mengganggu pemantauan kemampuan fisik yang tersebut terus-menerus.

Selain itu, Samsung berencana meningkatkan headphone pintar untuk mengukur suhu tubuh juga detak jantung.

Wakil presiden perusahaan menjelaskan bahwa telinga adalah lokasi ideal untuk pengukuran yang disebutkan oleh sebab itu letaknya yang mana dekat dengan jantung.

Jika digabungkan dengan data dari jam tangan pintar, data dari headphone ini dapat memberikan pandangan yang tersebut lebih banyak komprehensif tentang kebugaran pengguna.

Kita tunggu pembaharuan besar di dalam bidang kebugaran pada wearable dari kedua perusahaan raksasa teknologi itu.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button