Lifestyle

Ayyamul Bidh Rajab 2024 Jatuh Pada Tanggal Berapa? Baca Niat Puasa Waktu senja Ini!

Kertasleces.co.id – Memasuki bulan Rajab 1445 H, umat Islam dianjurkan untuk mengerjakan beberapa amalan sunnah seperti puasa Ayyamul Bidh. Pertanyaannya Ayyamul Bidh Rajab 2024 jatuh pada tanggal berapa? 

Menurut hadits yang tersebut diriwayatkan oleh Ibnu Abbas, puasa ayyamul bidh sendiri hukumnya sunnah muakkad, atau amalan yang mana sangat dianjurkan. 

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, ia berkata: ‘Rasulullah saw rutin tiada makan (berpuasa) pada hari-hari yang mana malamnya cerah (ayyamul bidh) baik pada rumah maupun pada bepergian’.” (HR an-Nasa’i dengan sanad hasan). 

Puasa sunnah Ayyamul Bidh sendiri menjadi amalan yang mana rutin dikerjakan oleh Rasullah SAW semasa hidupnya. Adapun anjuran melakukan puasa ini juga telah lama disebutkan di salah satu hadits shahih. Disebutkan bahwa Abu Hurairah pernah berkata: 

Kekasihku (yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam) mewasiatkan padaku tiga nasihat yang dimaksud aku tidaklah meninggalkannya hingga aku mati, pertama berpuasa tiga hari setiap bulannya. Kedua mengerjakan sholat Dhuha. Ketiga mengerjakan sholat witir sebelum tidur” (HR. Bukhari). 

Puasa Ayyamul Bidh sendiri adalah puasa selama 3 hari berturut-turut yang tersebut dikerjakan setiap bulannya. Disebutkan bahwa Ayyamul Bidh terdiri dari tiga hari utama yang mana jatuh pada tanggal 13, 14 lalu 15 setiap bulan di kalender Islam atau Hijriah. Seorang muslim sangat dianjurkan untuk mengamalkan ibadah ini agar mendapat pahala dari Allah SWT. 

Lalu puasa pada waktu Ayyamul Bidh bulan Rajab 2024 jatuh tanggal berapa? Untuk mengetahuinya, simak ulasan berikut. 

Ayyamul Bidh Rajab 2024 Jatuh Pada Tanggal 

Bagi pribadi muslim yang dimaksud hendak menjalankan puasa Ayyamul Bidh di dalam bulan ini, hendaknya untuk mengetahui jadwal lengkapnya agar dapat mengerjakan ibadah yang disebutkan sesuai dengan waktunya. Seperti yang dimaksud sudah dipaparkan sebelumnya bahwa puasa Ayyamul Bidh dapat dilaksanakan pada tanggal 13, 14, kemudian 15 setiap bulannya, tak terkecuali di dalam bulan Rajab yang mana jatuh pada Januari ini. 

Agar miliki panduan di melaksanakan puasa Ayyamul Bidh, berikut jadwalnya yang tersebut akan berlangsung pada bulan Januari 2024: 

• 13 Rajab 1445 H: Kamis, 25 Januari 2024 

• 14 Rajab 1445 H: Jumat, 26 Januari 2024 

• 15 Rajab 1445 H: Sabtu, 27 Januari 2024 

Niat Puasa Ayyamul Bidh 

Puasa Ayyamul Bidh dapat dikerjakan seperti puasa sunnah lainnya. Adapun niat melaksanakan puasa Ayyamul Bidh di area bulan Rajab adalah sebagai berikut: 

نَوَيْتُ صَوْمَ أَيَّامِ الْبِيْضِ لِلّٰهِ تَعَالَى 

Nawaytu shauma ayyâmil bîdl lillâhi ta’âlâ. 

Artinya, “Saya niat puasa ayyamul bidh (hari-hari yang dimaksud malamnya cerah), akibat Allah ta’âlâ.” 

Sebagai informasi, niat puasa Ayyamul Bidh disunnahkan untuk dilafalkan dengan lisan lalu tak sekadar dibaca di area pada hati. Niat yang dimaksud juga boleh dilaksanakan sejak waktu malam hari hingga sebelum masuk waktu dzuhur, tempat matahari condong ke barat. Namun dengan catatan belum makan maupun minum apa-apa sejak terbit fajar hingga waktu niat dilafalkan. 

Sebelum itu, umat muslin disunnahkan untuk sahur terlebih dulu dalam waktu menjauhi Subuh atau sebelum imsak. Bila waktu Maghrib telah tiba, disunnahkan bagi seseorang yang melakukan puasa Ayyamul Bidh agar menyegerakan berbuka puasa. 

Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh 

Sama seperti puasa sunnah lainnya, puasa ini mempunyai keutamaan (fadhilah) salah satunya seperti puasa sepanjang tahun bagi yang digunakan bisa saja mengerjakan selama tiga hari. Menurut hadits yang tersebut diriwayatkan oleh Abu Dzar ra menyebutkan bahwa: 

Nabi Muhammad saw bersabda: ‘Siapa hanya yang berpuasa tiga hari dari setiap bulan, maka puasa yang dimaksud seperti puasa sepanjang tahun. Lalu Allah menurunkan ayat di kitabnya yang mana membenarkan hal itu.

‘Siapa belaka yang mana datang dengan kebaikan maka baginya pahala 10 kali lipatnya’ [QS al-An’am: 160]. “Satu hari sebanding dengan 10 hari.” (HR Ibnu Majah serta at-Tirmidzi. Ia berkata: “Hadits ini hasan.” Ibnu Majah juga menilainya sebagai hadits shahih dari jalur riwayat Abu Hurairah ra). (I’ânatut Thâlibîn Juz II). 

Itu tadi ulasan terkait Ayyamul Bidh Rajab 2024 jatuh pada tanggal berapa lengkap dengan niat lalu keutamaannya. Semoga informasi ini bermanfaat kemudian manambah pahala. 

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button