Nasional

Bantah Ditutup, Pemprov DKI Sebut Sumur Resapan Warisan Anies Justru Diperbaiki Biar Pengendara Aman

Kertasleces.co.id – Warganet dihebohkan dengan isu penutupan sumur resapan di dalam berbagai lokasi dalam Jakarta. Hal ini disebut dikaitkan dengan upaya menghilangkan jejak dari eks Gubernur DKI Anies Baswedan yang mana menyebabkan berbagai sumur resapan itu pada waktu masih menjabat.

Isu ini diunggah oleh akun X bernama @malika6027. Akun itu mengunggah potongan berita mengenai pemberian tutup pada sumur resapan dan juga foto banjir yang tersebut disebut merupakan hasil dari penutupan drainase vertikal itu.

Akun itu pun menyalahkan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Ibukota Indonesia Heru Budi Hartono yang digunakan disebutnya malah memproduksi banjir pada Ibukota makin parah.

Menanggapi hal ini, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Narasumber Daya Air Ika Agustin Ningrum membantah isu tersebut.

“Informasi dalam media sosial yang digunakan menyebutkan bahwa kejadian banjir di dalam Ibukota sebab sumur resapan dalam DKI Jakarta ditutup adalah kurang tepat,” ujar Ika untuk wartawan, Selasa (5/2/2024).

Ika mengatakan, pihaknya tidak ada pernah memerintahkan penutupan terhadap sumur resapan. Sebaliknya, Pemprov DKI justru berupaya melakukan pengecekan kemudian perbaikan agar sumur resapan bisa saja tetap memperlihatkan beroperasi secara optimal.

“Sehingga sumur resapan dapat berfungsi seperti seharusnya dengan memperhatikan keamanan kemudian kenyamanan pengguna jalan,” ucap Ika.

Lebih lanjut, Ika juga mengatakan pemeliharaan sumur resapan juga merupakan salah satu upaya pada menanggulangi banjir di dalam Jakarta.

“Pemprov DKI melalui SDA berikrar untuk menanggulangi banjir, salah satunya adalah dengan tetap memperlihatkan menganggarkan biaya pemeliharaan sumur resapan di area setiap wilayah Pusat Kota Administrasi Provinsi DKI Jakarta,” pungkas Ika.

Related Articles

Back to top button