Lifestyle

Beda Kekayaan Ahok vs Abdee Slank: Satu Tetap Jadi Komisaris, Satu Rela Mundur Usai Dukung Ganjar

Kertasleces.co.id – Komisaris Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok baru sekadar menjadi sorotan rakyat lantaran membantu capres cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo juga Mahfud MD. Adapun warganet menyorot adab Ahok yang kemudian dibanding-bandingkan dengan Abdee Slank.

Seperti diketahui, Abdee Slank rela mundur dari Komisaris Telkom akibat membantu Ganjar di pilpres 2024.

Padahal, ia menjabat sebagai Komisaris Telkom punya pendapatan yang mana fantastis, ditaksir mencapai Rp10,85 miliar per tahun lengkap dengan tunjangannya.

Dari perbedaan sikap tersebut, alhasil warganet membandingkan kekayaan dua komisaris tersebut. Lantas, berapa perbedaan kekayaan Abdee Slank kemudian Ahok?

Total Kekayaan Abdee Slank

Sumber Kekayaan Abdee Slank (Instagram/abdeenegara)
Sumber Kekayaan Abdee Slank (Instagram/abdeenegara)

Seperti yang dimaksud telah dijelaskan sebelumnya, Abdee Slank adalah Komisaris Telkom yang digunakan mempunyai pendapatan juga tunjangan mencapai Rp10,85 miliar per tahun.

Nominal yang disebutkan terdiri dari honorarium kemudian tunjangan sebesar Rp3,63 miliar, ditambah lagi dengan tantiem atau bonus sebesar Rp7,22 miliar.

Besaran pendapatan komisaris Telkom tertuang pada Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-12/MBU/11/2020 yang besarannya berbeda-beda tiap komisaris.

Kendati demikian, setiap komisaris mendapat pendapatan juga tunjangan dan juga berbagai sarana lainnya, seperti sarana kesehatan, bantuan hukum, serta lainnya.

Namun, sejak tanggal 19 Januari 2024 lalu ia mengundurkan diri untuk mengikuti aturan tentang netralitas pemilihan umum.

Menurut laporan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) periodik 2022, Abdee Slank mempunyai total kekayaan sebesar Rp32,57 miliar.

Total kekayaan miliknya diketahui berbentuk tanah serta bangunan sebesar Rp5,13 milar. Kemudian, ia juga mempunyai dua buah mobil, yaitu Toyota Rush Tahun 2016 Rp150 jt kemudian Honda Odyssey 2.4E CVT Tahun 2016 senilai Rp550 juta.

Lantas, tak hanya sekali itu, Abdee juga melaporkan aset lain dalam bentuk harta bergerak lainnya sebesar Rp2,23 miliar, surat berharga sebesar Rp15,65 miliar, kemudian kas dan juga setara kas sebesar Rp1,51 miliar dan juga harta lainnya Rp6,8 miliar.

Dengan begitu, harta kekayaan Abdee Slank diketahui mencapai Rp32,57 miliar.

Total Kekayaan Ahok

Komisaris PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok usai menjalani pada KPK terkait perkara dugaan korupsi yang mana melibatkan mantan Dirut Pertamina Galaila Karen Agustiawan. (Suara.com/Yaumal)
Komisaris PT Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok usai menjalani di tempat KPK terkait perkara dugaan korupsi yang mana melibatkan mantan Dirut Pertamina Galaila Karen Agustiawan. (Suara.com/Yaumal)

Menurut informasi yang dimaksud beredar, Ahok pun mendapat upah lalu tunjangan yang fantastis sebagai Komisaris Pertamina yang digunakan ditaksir mencapai Rp101,10 miliar per tahun.

Menilik data dari LHKPN periodik 2022, total kekayaan Ahok sebesar Rp53.667.208.314 yang mengalami kenaikan Rp15 miliar dari tahun sebelumnya.

Lebih dari separuh total kekayaannya sebagai tanah juga bangunan yang tersebar pada beberapa wilayah, termasuk Bekasi.

Kemudian, Ahok memiliki harta bergerak lain senilai Rp1 miliar, surat berharga sebesar Rp11 miliar, kas juga setara kas sebesar Rp4.680.701.331, dan juga harta lainnya sebesar Rp2.319.862.806.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button