Otomotif

Berapa Tekanan Angin Ideal pada Ban Anda?

Kertasleces.co.id – Ban merupakan salah satu bagian mobil yang mana rutin diabaikan, namun miliki peran penting di keselamatan Anda pada jalan raya.

Salah satu faktor terpenting yang memengaruhi performa ban adalah tekanan udara di area dalamnya.

Tapi, berapa sebenarnya tekanan angin yang ideal untuk ban mobil Anda? Begini patokannya menurut Carparts.

Tekanan Angin Ideal

Menurut para ahli, tekanan angin yang mana ideal untuk ban mobil berada dalam kisaran 32 hingga 35 PSI (Pounds per Square Inch) untuk sebagian besar kendaraan.

Ini adalah standar yang digunakan direkomendasikan oleh produsen ban serta mobil. Namun, Anda masih sanggup menjaga tekanan dalam kisaran 28 PSI sebagai minimum yang tersebut aman.

Faktor-faktor yang dimaksud Mempengaruhi Tekanan Ban

  • Suhu Udara: Suhu udara dapat memengaruhi tekanan ban. Pada pagi hari ketika udara dingin, tekanan ban cenderung turun oleh sebab itu kontraksi karet. Namun, ketika ban mulai berputar, pertentangan akan menghangatkan karet, serta tekanan ban akan kembali normal.
  • Kelembaban: Kelembaban atau kebocoran perlahan di dalam ban mampu menjadi pemicu penurunan tekanan udara secara bertahap. Pastikan untuk memeriksa kondisi selang ban secara berkala.
  • Lubang: Lubang atau paku yang tersebut menancap pada ban bisa jadi membuatnya kehilangan tekanan secara instan.

Hindari Tekanan Ban Rendah

Tekanan ban yang rendah tidak ada semata-mata memengaruhi kenyamanan berkendara, tetapi juga keselamatan Anda di tempat jalan raya. Untuk menghindari hal ini, Anda mampu melakukan hal berikut:

  • Periksa secara Berkala: Integrasikan pemantauan tekanan ban sebagai bagian dari rutinitas perawatan kendaraan Anda. Periksa tekanan ban setidaknya dua kali pada sebulan, serta pastikan untuk memeriksa juga tekanan pada ban cadangan.
  • Gunakan Alat Ukur Tekanan Ban: Alat ukur tekanan ban dapat membantu Anda memeriksa tekanan ban dengan cepat lalu mudah. Alat ini tersedia dengan nilai tukar yang mana terjangkau di tempat toko-toko otomotif lokal.

Memahami juga memperhatikan tekanan angin pada ban mobil Anda adalah langkah penting pada menjaga keselamatan dan juga kenyamanan berkendara Anda.

Dengan menjaga tekanan ban pada batas yang mana direkomendasikan, Anda dapat meyakinkan kinerja optimal ban juga mengempiskan risiko kecelakaan pada jalan raya.

Related Articles

Back to top button