Lifestyle

Bestari Festival: Cara Menyenangkan Edukasi Lingkungan yang digunakan Menggugah 5 Indera

Kertasleces.co.id – Lingkungan adalah warisan berharga yang patut dijaga dan juga dilestarikan bagi keberlangsungan keberadaan generasi mendatang. Sayangnya, kondisi lingkungan pada masa kini dihadapkan pada berbagai permasalahan yang mana merata terjadi dalam setiap daerah, mulai dari inovasi iklim serta bencana alam, polusi udara, deforestasi serta penggundulan hutan, pengelolaan sampah plastik, hingga pencemaran air kemudian beragam kesulitan lainnya.

Mengingat pentingnya akan tanggung jawab di melestarikan lingkungan, kelompok inisiatif Pandemic Talks dan juga IDEA Fest menggagas Bestari Festival – sebuah festival lingkungan yang menggugah lima indera manusia. Festival ini dibuat untuk memantik kesadaran penduduk agar terlibat bergerak di mengidentifikasi permasalahan lingkungan dan juga mulai mengambil langkah untuk menanggulanginya bersama-sama.

“Bestari Festival adalah sebuah event talkshow, workshop lalu kuliner, yang merupakan wadah nyaman bagi penduduk Jabodetabek yang tersebut baru memulai langkah untuk peduli lingkungan. Di Bestari Festival kita akan sama-sama belajar, kemudian bertemu dengan teman-teman yang tersebut memiliki kegelisahaan yang mana sama,” ujar Firdza Radiany, sang penggagas Bestari Festival yang tersebut juga menginisiasi Pandemic Talks.

Dalam perjalanannya, Firdza Radiany lalu bertemu dengan kedua rekannya dengan concern serupa, yaitu Firza Daud-yang dikenal sebagai individu pegiat lari kemudian gaya hidup sehat, serta Citra Ovani-seorang Ibu lalu wanita karir yang dimaksud tidaklah luput merasakan tanggung jawab untuk mewariskan lingkungan yang mana lebih besar baik pada anaknya melalui kebiasaan sehari-hari.

“Bestari Festival adalah sebuah forum yang tersebut tiada hanya sekali memberikan Anda pengetahuan serta inspirasi tentang isu lingkungan, tetapi juga memberikan Anda pengalaman yang menyenangkan serta menarik melalui panca indera,” ujar Co-Founder Bestari Festival, Firza Daud.

Bestari Festival merupakan sebuah wadah (bejana) bagi dia yang dimaksud ingin mendengar, melihat, merasakan, mencium, serta menyentuh alam dengan cara yang berbeda melalui beberapa sesi talkshow yang dimaksud penuh insight, mulai dari:

  • Sesi talkshow bertajuk “Hilirisasi Kenyataan Seapa-adanya”

Pada pembukaan ini, kesadaran pengunjung terhadap tanda-tanda pembaharuan iklim yang digunakan terjadi dalam sekitar dibentuk pada sebuah talkshow dengan Pendiri Kebun Kumara-Soraya Cassandra, Co-Founder Bicara Lingkungan Amalia Ayuningtyas serta Pemilik Dua Coffee-Rinaldi N Pratama kemudian Okki Susanto.

Di Bestari Festival, para panelis berbagi pengalaman lalu pandangan merekan tentang isu lingkungan yang dimaksud relevan dengan hidup urban masa sekarang ini untuk para pengunjung.

  • Sesi talkshow “Perlombaan Menjadi Cukup”

Di sesi ini, pengunjung dibekali dengan panduan praktikal di menerapkan sustainability behaviour dari Board Koalisi Perekonomian Membumi-Gita Syahrani, musisi-Kunto Aji, praktisi mindfulness-Adjie Santosoputro kemudian David Irianto. Mereka juga memberikan tips juga trik untuk menjalani gaya hidup sehari-hari yang mana ramah lingkungan.

Selain itu, ada juga beberapa nama besar yang turut memberikan keynote speech seperti direktur utama juga Co-founder Nafas Indonesia-Nathan Roestandy, Co-Founder Bijak Memilih – Andhita F. Utami , art director-Rumi Siddharta, dan juga ilmuwan biomolikuler-Riza Putranto.

Manfaatkan Lima Indera

Tidak hanya sekali itu, Bestari Festival juga memberikan pengunjung pengalaman yang menggugah lima indera pada manusia. Di lokasi acara, pengunjung disambut dengan dekorasi bernuansa alam kemudian “green” art installation yang tersebut mewakili indera visual manusia.

Selama di tempat lokasi acara, pendengaran pengunjung dimanjakan dengan backsound pernyataan alam, kicau burung, debur ombak, serta elemen alam lainnya agar tambahan peka ketika merasakan suasana alam yang dimaksud nyaman serta indah.

Dengan begitu, pengunjung merasakan ketenangan dan juga kedamaian yang tersebut berasal dari alam. Kemudian untuk indera penciuman, seluruh area Betari Festival disuguhi aromatherapy dengan aroma bebauan rempah nusantara sehingga dia merasakan keharuman dan juga kesegaran yang tersebut berasal dari bumi pertiwi.

Tak ketinggalan, pengunjung juga menikmati aktivitas memeluk pohon dari Sanustra, melalui indera peraba mereka, sehingga dapat merasakan koneksi lalu kehangatan yang mana berasal dari alam. Terakhir, pengunjung juga disuguhi aneka makanan lalu minuman ‘hijau’ khas Nusantara yang tersebut menggugah indera pengecap, oleh Selaras Market dari Nasi Peda Pelangi dan juga Burgreens.

Selain itu, tersedia Ruang Tenang oleh Sanustra, sebuah instalasi seni yang menawarkan pengalaman utuh 5 Senses Experience yang dimaksud coba bantu kita menemukan kejernihan, kedamaian lalu kesadaran koneksi kita dengan alam.

“Melalui Bestari Festival, kami berharap agar penduduk bisa jadi lebih besar peka serta sadar akan pembaharuan iklim yang digunakan terjadi, sekaligus dapat berperan terlibat untuk menjaga kelestarian bumi yang tersebut kita cintai ini,” tutup Firza.

(Sumber; Suara.com)

Related Articles

Back to top button