Otomotif

Biasa Angkut Penumpang, Daihatsu Xenia Ini adalah Dipaksa Tampung 5 Motor Sekaligus

Kertasleces.co.id – Daihatsu Xenia identik dengan mobil yang mana biasa dipakai untuk mengangkut penumpang. Mobil ini dinobatkan menjadi kendaraan yang digunakan cocok untuk keluarga.

Namun berbeda yang tersebut terlihat pada Daihatsu Xenia yang digunakan diunggah oleh akun Instagram @TMCPoldaMetro. Dalam unggahan tersebut, mobil ini dipaksa untuk menampung lima motor sekaligus.

Terlihat pada isi kabinnya, tiga motor berjejer. Terdapat ban-ban motor yang digunakan telah dipreteli agar bisa saja memuat banyak. Lalu pada bagian atap, dua motor diangkutnya juga ditutup menggunakan terpal.

Polisi pun segera menindak tegas dikarenakan adanya kecurigaan tentang motor yang mana diangkut menggunakan Daihatsu Xenia tersebut.

Dalam captionnya, disebutkan kalau kelima motoir ini milik pemilik leasing yang tersebut menunggak cicilan.

“Satuan Patroli Jalan Raya (PJR) Ditlantas Polda Metro Jaya berhasil mengamankan kendaraan Xenia B 1209 KIL yang tersebut dicurigai mengangkut lima kendaraan beroda dua motor ke Sumatera melebihi kapasitas. Mobil yang dimaksud menyebabkan 3 kendaraan beroda dua motor di dalam pada kabin dan juga 2 pada atap,” tulis caption akun tersebut.

“Setelah pemeriksaan dokumen, terungkap bahwa sepeda gowes motor yang dimaksud adalah milik pemilik leasing yang tersebut menunggak angsuran. Pengemudi mengaku motor diambil dari Bekasi, Cileungsi, serta Bogor dengan biaya 500.000 rupiah per motor. Polisi telah terjadi mengamankan kendaraan dan juga kendaraan beroda dua motor untuk penyelidikan lebih lanjut lanjut terkait dugaan upaya penggelapan,” tambahnya.

Aturan angkutan untuk mobil penumpang

Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 15 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Dalam Trayek, mobil penumpang tak diperbolehkan untuk mengangkut barang lebih banyak dari 3.500 kg.

“Mobil Penumpang adalah Kendaraan Bermotor Angkutan orang yang digunakan memiliki tempat duduk maksimal 8 (delapan) orang, termasuk untuk pengemudi atau yang mana beratnya bukan Lebih dari 3.500 (tiga ribu lima ratus) kilogram,” tulis di aturan tersebut.

Lalu pada aturan lain yakni Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 60 tahun 2019 pasal 3 ayat 1 mengatur tentang kondisi penggunakan mobil penumpang untuk angkut barang.

Dalam kondisi tertentu, Angkutan Barang dengan Kendaraan Bermotor dapat menggunakan mobil penumpang, mobil bus, atau kendaraan beroda dua motor dengan kondisi

  • belum tersedianya mobil barang;
  • efisiensi pengangkutan; dan
  • kondisi lainnya.

Mobil penumpang, mobil bus, atau kendaraan beroda dua motor sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus memenuhi persyaratan teknis diantaranya:

  • tersedia ruang muatan dan/atau tempat muatan yang dimaksud dirancang khusus;
  • barang yang tersebut diangkut sesuai dengan ruang muatan;
  • jumlah barang yang diangkut tidak ada melebihi daya angkut sesuai dengan tipe kendaraannya.

Related Articles

Back to top button