Otomotif

Biaya Servis Motor Tidak Bengkak, Caranya Begini

Kertasleces.co.id – Sepeda motor menjadi salah satu pilihan transportasi dikarenakan kemampuannya membelah kemacetan. Sebagai kendaraan roda dua, memiliki mobilitas tinggi dan juga durasi pemakaiannya bisa jadi jadi “kurang istirahat”.

Bila kondisinya demikian, satu-satunya tindakan yang dimaksud mampu dilaksanakan adalah menjaga agar performa si kendaraan tetapi prima.

Dikutip dari tips yang dimaksud dibagikan Wahana Honda, agar motor selalu prima pada segala situasi dan juga kondisi maka perlu dipersiapkan. Berikut adalah tips cegah biaya servis  motor bengkak:

Melakukan starter motor serta mengecek bunyi mesin normal. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].
Melakukan starter motor. Sebagai ilustrasi [Shutterstock].

Mesin dipanaskan sebelum dipakai

  • Setelah kendaraan istirahat pada di malam hari hari, esoknya perlu distarter untuk memanaskan mesin.
  • Durasi pemanasan tiada lebih besar dari lima menit, bila diadakan berlebihan akan membuang substansi bakar motor sia-sia.
  • Cek pada pemanasan lima menit itu mesin motor terasa hangat. Biarkan suhu meningkat perlahan secara alami.
  • Kegiatan ini dapat membantu motor lebih besar awet, menjaga performa, juga menambah masa berlaku usia pakai elemen penyimpan daya atau aki motor.

Pilih unsur bakar berkualitas

  • Mesin kendaraan beroda dua motor dirancang dengan teknologi injeksi yang digunakan hemat material bakar. Supaya sistem mampu bekerja sebagaimana fungsinya, disarankan mengisi tangki motor dengan material bakar yang dimaksud mempunyai oktan pada melawan RON 90. Terutama untuk motor jenis sport.
  • Dengan menggunakan Bahan Bakar Minyak atau BBM berkualitas, biaya servis juga akan lebih besar hemat atau tiada bengkak. oleh karena itu mesin mendapat pasokan BBM sesuai yang tersebut disyaratkan lalu mempengaruhi kinerjanya.
Ilustrasi mencuci motor. [Envato]
Ilustrasi mencuci kendaraan beroda dua motor [Envato Elements]

Mencuci kendaraan beroda dua motor secara teratur

  • Dalam kondisi terpaksa, bila kekurangan air bisa saja digunakan lap basah kemudian diseka. Terpenting kotoran yang mana menempel bisa jadi rontok atau bersih sehingga fungsi kendaraan beroda dua motor tidaklah terganggu.
  • Baik menggunakan lap basah atau disiram air, usahakan membersihkan kotoran di area area mesin juga kampas rem.
  • Pastikan bagian berdebu dikenai air maksimal, pilih sabun pencuci khusus, jangan terpikat sabun colek oleh sebab itu miliki derajat keasaman (pH) berbeda atau bukan sesuai cat lalu komponen kendaraan. Untuk roda,
    pakai sikat ekstra lembut seperti sikat gigi bekas agar bisa saja menjangkau bagian-bagian celah.
  • Sebagai catatan, ketika musim hujan, motor perlu dicuci setiap kali pasca dipakai menyeberangi genangan atau kena hujan. Karena air hujan bersifat asam yang dimaksud berpotensi menghadirkan karat sehingga bagian-bagin besi keropos.
  • Usai dicuci, keringkan seluruh bagian motor sehingga tiada terjadi bercak putih. Lapisi dengan cairan silikon agar mengilap.

Jangan menjemur kendaraan beroda dua motor

  • Paparan sinar matahari secara terus-menerus mampu memicu terjadinya retakan pada area kaca speedometer motor. Juga menciptakan warna bodi cepat pudar juga kusam.
  • Biasakan mencari lahan parkir yang dimaksud teduh atau tutup dengan kain supaya motor terlindungi dari paparan UV.

Tidak lupa servis motor secara berkala

  • Inilah bagian yang mana memproduksi biaya servis tiada bengkak. Dengan rutin melakukan pemeriksaan berhadapan dengan sepeda gowes motor di tempat bengkel authorized, maka kondisi motor terjaga prima lalu terawat paripurna.
  • Mekanik andal dari bengkel resmi seperti AHASS akan memberitahukan secara detail kondisi mesin dan juga seluruh komponen serta memberitahukan langkah yang tersebut mesti dilakukan. Sehingga kerusakan motor (bila ada) tiada semakin parah.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button