Otomotif

Bikin Helm Tetap Kinclong Meski Dipakai Tiap Hari, Begini Caranya

Kertasleces.co.id – Helm merupakan salah satu komponen penting pada berkendara motor. Pasalnya, keberadaan komponen ini vital oleh sebab itu menjaga kepala pemotor dari benturan serta hal-hal tak terduga lainnya.

Sebagai pengaman kepala, helm tentu juga turut diperhatikan kebersihannya. Helm yang kotor akan menghasilkan pemotor tak nyaman pada waktu berkendara.

Apalagi apabila tidak ada dijaga kebersihannya akan memicuk diperkenalkan jamur lalu juga bakteri jahat. Hal ini sanggup menimbulkan kepala pemotor bisa saja iritasi.

Ilustrasi helm bau apek (Unsplash/Waldemar)
Ilustrasi helm bau apek (Unsplash/Waldemar)

Lalu bagaimana cara merawat kebersihan helm dengan baik kemudian benar? Berikut beberapa tips yang mana mungkin saja bisa jadi diadakan dilansir dari Planet Ban.

1. Lepas Kaca Helm

Mulailah dengan melepas kaca atau visor helm untuk memudahkan proses pencucian. Jika kaca sulit dilepas, pastikan untuk membersihkan helm hingga bagian dalamnya.

2. Lepas Busa Helm

Hati-hati lepaskan semua padding atau busa helm untuk menghindari kerusakan. Jika tidaklah dapat dilepas, bersihkan dengan hati-hati.

3. Cuci Bagian Luar dan juga Kaca Helm

Bersihkan kaca lalu bagian luar helm dengan kain lembut, hindari penyelenggaraan kain kasar yang tersebut dapat menyebabkan goresan. Bilas dengan air bersih lalu gunakan wax untuk mengatasi kejernihan kaca helm.

4. Cuci Busa Helm

Rendam busa helm di air hangat selama 5-10 menit. Sikat busa dengan sabun, gunakan sikat gigi bekas untuk menghilangkan kotoran. Rendam lagi dengan air dingin untuk mengangkat sisa kotoran. Hindari memeras busa pasca dicuci.

5. Cuci Bagian Dalam Helm

Cuci bagian di helm dengan air dingin serta deterjen bebas serat. Bersihkan tali helm dengan air hangat. Rendam selama 5-10 menit, peras hingga kering. Gunakan sikat kecil untuk membersihkan sisa noda yang digunakan sulit dijangkau.

6. Jemur Helm

Jemur setiap bagian helm pada bawah sinar matahari langsung. Diamkan busa hingga setengah kering sebelum diperas serta dijemur kembali.

7. Pasang Ulang Helm

Setelah semua bagian helm kering, pasang kembali dengan hati-hati. Jika kesulitan, cari tutorial pemasangan dalam YouTube atau gunakan foto helm sebelum dicuci sebagai referensi.

8. Semprot Pewangi

Semprotkan pewangi khusus helm yang mana mengandung disinfektan untuk menghindari bau tak sedap serta pertumbuhan bakteri atau kuman.

Cara mencuci helm ini cukup mudah dijalankan lalu dapat membantu menjaga kebersihan helm juga kemampuan fisik epidermis kepala Anda. Segera lakukan langkah-langkah di dalam berhadapan dengan secara rutin untuk hasil yang mana optimal.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button