Lifestyle

Biodata serta Pendidikan Mentereng UAS: Dituding Mencla Mencle, Dulu Dukung Prabowo Kini Anies

Kertasleces.co.id – Keputusan yang mana diambil Ustaz Abdul Somad atau UAS masalah dukungan terhadap Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar menuai pro kontra. Tak sedikit yang dimaksud menyebutnya  mencla mencle alias bukan konsisten di menentukan sikap di tempat Pilpres.

Sebab, pada pemilihan sebelumnya, ia mengupayakan Prabowo. UAS pun menjelaskan bahwa ia tak mencla mencle. Ia semata-mata beristikamah pada kaidah, tidak orangnya. Ia juga memilih capres dari mudarat yang digunakan paling ringan.

“‘Ustaz kenapa mencla mencle?’ Saya bukanlah mencla mencle. Saya istikamah di kaidah tidak istikamah pada orang. Saya begini memilih mudarat teringan. Yang mau kita pilih bukanlah malaikat,” kata UAS dalam sebuah forum pengajian mengutip kanal Youtube MUTIARA KAMPAR, Akhir Pekan (28/1/2024).

UAS yang digunakan dianggap tak konsisten itu menimbulkan dirinya menerima sorotan publik. Tak sedikit pula yang penasaran dengan biodata dan juga latar belakang sekolah dari salah satu pendakwah populer tersebut. Berikut informasinya.

Biodata UAS

Ustaz Abdul Somad di sebuah ceramah (YouTube/TAMAN SURGA. NET)
Ustaz Abdul Somad pada sebuah ceramah (YouTube/TAMAN SURGA. NET)

Nama Lengkap: Abdul Somad 

Nama Panggilan: Ustaz Abdul Somad atau UAS

Tempat, Tanggal Lahir: Silo Lama, Asahan, 18 Mei 1977

Usia: 46 Tahun

Pendidikan: Universitas Al Azhar, Dar El Hadith El Hassania, Universitas Islam Omdurman

Pekerjaan: Pendakwah, Ketua Majelis

Pasangan: Fatimah Az Zahra Salim Barabud

Anak: Mizyan Hadziq Abdillah, Samy Ahmad Mesbahy ‘Ibadillah

Orang Tua: Rohana

Instagram: @ustadzabdulsomad_official

Kanal Youtube: Ustadz Abdul Somad Official

Pendidikan serta Profil Singkat UAS

Ustaz Abdul Somad (Instagram/ ustadzabdulsomad_official)
Ustaz Abdul Somad (Instagram/ ustadzabdulsomad_official)

UAS pernah bersekolah pada SD Al-Washliyah lalu Madrasah Tsanawiyah Mu’allimin Al-Washliyah yang ada di tempat Medan. Lalu, ia melanjutkan pendidikannya yang dimaksud ke Madrasah Aliyah Nurul Falah, Air Molek, In-hu.

Usai lulus, UAS mengambil kegiatan S1 Universitas Al-Azhar di area Mesir. Kemudian, ia melanjutkan S2 ke Dar El Hadith El Hassania, Kerajaan Maroko. Lanjut, ia memutuskan mendaftar S3 pada Universitas Islam Omdurman, Sudan.

Di sisi lain, UAS ditunjuk untuk menjadi Profesor Tamu di dalam Fakulti Usuluddin Universitas Islam Sultan Sharif Ali, Brunei Darussalam sejak 2020 hingga kini. Sebelumnya, ia juga diketahui pernah berkarier sebagai dosen.

Sebut saja, dosen Bahasa Arab di dalam Pusat Bahasa UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Tafsir dan juga Hadis di tempat Kelas Internasional Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau, kemudian Agama Islam di tempat Sekolah Tinggi Al-Azhar Yayasan Masmur Pekanbaru.

UAS juga kerap berkarya melalui buku-buku bertemakan agama Islam. Adapun judul karya yang disebutkan pada antaranya, 37 Permasalahan Populer, 99 Pertanyaan Seputar Sholat, serta 33 Tanya Jawab Seputar Qurban.

Selain dosen, UAS pun pernah menjadi anggota Majelis Ulama Indonesia (MUI) Riau, Komisi Pengkajian kemudian Keorganisasian periode 2009–2014. Lalu, pada tahun yang mana identik sebagai anggota Badan Amil Zakat Riau.

Lalu, ia juga kerap menjabat Sekretaris Lembaga Bahtsul Masa’il Nahdlatul Ulama Provinsi Riau periode 2009–2014. UAS kemudian kembali menjadi anggota MUI Riau di dalam Komisi Fatwa pada tahun 2014–2019.

UAS pun sempat dipercaya menjabat Wakil Ketua Majelis Ifta’ Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti) Riau selama 2017-2022. Saat ini, ia berpartisipasi sebagai ketua di tempat sana dan juga Wakil Ketua Dewan Fatwa Pengurus Besar Al Washliyah.

Dari segi kisah pribadinya, UAS kerap menikah dengan Mellya Juniarti pada tahun 2012. Dari pernikahan itu, dia dikaruniai manusia putra bernama Mizyan Hadziq Abdillah. Namun, keduanya bercerai pada 2019 silam.

Selang dua tahun, yakni pada 2021, Ustaz Abdul Somad kembali menikah. Kali ini dengan wanita bernama Fatimah Az Zahra Salim Barabud. Keduanya pun turut dikaruniai manusia putra, yakni Samy Ahmad Mesbahy ‘Ibadillah.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button