Lifestyle

Biodata lalu Pendidikan Retno Marsudi: Saingi Tom Lembong, Kerap Beri Contekan Pidato ke Jokowi

Kertasleces.co.id – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi belakangan ini menjadi perbicangan. Mulai dari aksi beraninya walk out pada waktu dubes negeri Israel berbicara pada PBB hingga tugasnya yang digunakan kerap membuatkan pidato untuk Presiden Joko Widodo.

Sosok Menlu Retno Marsudi pun kemudian mulai dibandingkan dengan mantan Menteri Perdagangan (Mendag) Tom Lembong. Diketahui Co-captain Timnas AMIN itu memang benar berada dalam jadi sorotan usai mengaku 7 tahun memberikan contekan pidato ke Presiden Jokowi.

Pengakuan Tom Lembong itu menghasilkan panas kabinet Jokowi. Sebut belaka Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan juga Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia yang dimaksud dengan segera balas mengomentari Tom Lembong.

Terlepas dari itu, memang benar telah menjadi tugas para menteri untuk membantu kinerja Presiden Jokowi, termasuk menyiapkan naskah pidato. Seperti Retno Marsudi juga setiap saat memberikan catatan untuk Jokowi di tempat setiap rencana rapat bilateral.

Lantas, seperti apakah biodata kemudian institusi belajar Retno Marsudi? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Biodata kemudian Pendidikan Retno Marsudi

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Instagram/@retno_marsudi)
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Instagram/@retno_marsudi)

Pemilik nama lengkap Retno Lestari Priansari Marsudi ini lahir di dalam Semarang, Jawa Tengah pada 27 November 1962. Ia menikah dengan orang arsitek bernama Agus Marsudi. Pasangan ini dikaruniai dua orang anak, yakni Dyota Marsudi serta Bagas Marsudi.

Retno mengawali lembaga pendidikan dasar hingga menengah di dalam Semarang. Ia kemudian melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi dengan mengambil S1 Jurusan Hubungan Internasional pada Fisip UGM, Yogyakarta.

Satu tahun menjauhi selesai kuliah, Retno berhasil mendapatkan beasiswa dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu). Berkat beasiswa selama satu tahun, Retno secara langsung direkrut oleh Kemenlu begitu lulus S1.

Di usianya yang digunakan ke 30 tahun, Retno mulai mengawali karier sebagai individu diplomat. Ia mendapat tugas berat ke Australia untuk membicarakan isu Indonesia melakukan pembantaian warga Timor Leste di tempat Santa Cruz, Dili.

Selanjutnya pada 1997, kariernya semakin melejit setelahnya dikirim ke Belanda. Di sana ia menjabat sebagai sekretaris bidang ekonomi di tempat Kedutaan Besar Republik Indonesia di tempat Den Haag, Belanda.

Sosoknya juga dipercaya menjadi direktur Eropa lalu Amerika. Pada usia 43 tahun, Retno ditunjuk menjadi Dubes Indonesia untuk Norwegia dan juga Islandia.

Retno kemudian kembali ke Indonesia serta bertugas di area Kemenlu. Pada 2012, ia kembali dipercaya pemerintah untuk menjadi Duta Besar Indonesia untuk Belanda.

Dua tahun bertugas di tempat Belanda, Retno diminta Presiden Jokowi untuk kembali ke Jakarta. Presiden Jokowi menunjukkan sebagai Menteri Luar Negeri sejak 2014 hingga sekarang. Tercatat hampir 10 tahun Retno menjadi Menlu, atau 2 periode pemerintahan Presiden Jokowi.

Nama Retno Marsudi juga berhasil mencetak sejarah sebagai menteri perempuan pertama yang dimaksud menjadi Menlu RI.

Kontributor : Syifa Khoerunnisa

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button