Otomotif

Bukan Listrik, Inikah Calon Pengganti Mesin Diesel?

Kertasleces.co.id – GM kemudian Honda sudah pernah memulai produksi sel materi bakar hidrogen. Sel unsur bakar ini akan memberi daya pada truk komersial, alat berat, generator, juga pada tingkat yang tersebut lebih tinggi rendah, kendaraan penumpang. Dilansir dari Motortrend, perusahaan patungan ini memulai pembangunan modul sel material bakar di tempat pabrik Brownstown, Michigan. Modul-modul ini akan digunakan pada Honda CR-V bertenaga hidrogen yang digunakan akan memulai debutnya pada bulan Maret 2024. Kendaraan ini pada akhirnya akan tersedia untuk dijual di dalam California pada jumlah total terbatas.

Hidrogen kemungkinan besar tetap saja menjadi teknologi khusus untuk mobil, pikap, dan juga SUV. Namun, seperti halnya diesel, hidrogen dapat menjadi alternatif pengganti. Hidrogen masih mempunyai kesempatan yang dimaksud layak untuk menjadi unsur bakar pilihan untuk truk jarak jauh, pekerjaan berat, dan juga pembangkit listrik di tempat masa depan tanpa emisi karbon.

Sel substansi bakar menawarkan jarak tempuh yang dimaksud lebih lanjut sangat jauh juga pengisian material bakar yang lebih lanjut cepat daripada kendaraan listrik bertenaga baterai. Hal ini memberi mereka keuntungan pada industri. Para pendukung percaya bahwa jaringan stasiun pengisian hidrogen yang ditempatkan secara strategis, meskipun relatif kecil, dapat menjadikan sel unsur bakar sebagai alternatif yang tersebut layak untuk mesin diesel.

Perusahaan patungan GM-Honda, bernama Fuel Cell Systems Manufacturing LLC, pada waktu ini memproduksi satu produk: modul sel substansi bakar hidrogen yang seukuran dengan mesin empat silinder serta mampu memunculkan 77 kilowatt, setara dengan 103 tenaga kuda. Kedua perusahaan mengklaim bahwa modul sel unsur bakar baru ini cuma sepertiga dari biaya sistem yang digunakan pada Honda Clarity Fuel Cell 2019.

FCSM jual sel komponen bakarnya ke divisi Hydrotec Honda atau GM, yang dimaksud akan mengintegrasikannya ke di item akhir atau menjualnya ke perusahaan lain. Honda lalu Isuzu berkolaborasi di pengembangan semi-truk Kelas 8, yang digunakan diperkirakan akan mulai diproduksi pada Negeri Sakura pada tahun 2027. Belum jelas apakah kendaraan ini akan menggunakan sel material bakar FCSM.

Hydrotec akan mengirimkan sel material bakarnya, yang tersebut diberi merek Power Cubes, untuk digunakan pada alat berat serta generator listrik. Autocar juga berkolaborasi dengan Honda, yang mana dapat menghasilkan kembali truk sampah bertenaga sel komponen bakar, truk sampah, mixer semen, truk gandeng, lalu traktor terminal.

Honda juga GM telah lama berkolaborasi di sel materi bakar hidrogen sejak tahun 2013. Mereka mendirikan operasi manufaktur dengan pada tahun 2017. Kedua perusahaan memiliki hampir satu abad pengalaman gabungan di mengembangkan teknologi sel unsur bakar. Electrovan GM tahun 1966 adalah kendaraan bertenaga hidrogen pertama di area dunia, juga Honda telah dilakukan mengerjakan sel material bakar selama sekitar 40 tahun.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button