Otomotif

Bukan Saling Sikut, Toyota Ajak Suzuki Berkolaborasi pada Produksi Mobil Listrik

Kertasleces.co.id – Raksasa otomotif Jepang, Toyota serta Suzuki, menjalin kerjasama strategis untuk menghadirkan era baru mobilitas dalam India. Bekerjasama ini menciptakan mobil listrik kembar yang mana siap menggemparkan bursa otomotif di tempat Negeri Hindustan.

Suzuki dikabarkan akan meluncurkan eVX, mobil listrik pertamanya pada India, pada Maret 2025. Enam bulan kemudian, Toyota akan memproduksi mobil listrik juga dengan versi produksi dari konsep urban SUV yang berbasis pada sistem yang mana serupa dengan eVX.

Sebelumnya, di laporan Gaadiwaadi, Toyota sudah pernah membocorkan untuk produksi mobil listrik yang mana dinamakan YY8. Mobil bergenre SUV ini dirancang sebagai model global dengan mempertimbangkan ekspor, juga akan bersaing dengan MG ZS EV dalam lingkungan ekonomi India.

YY8 akan mempunyai panjang sekitar 4,2 meter, lebih lanjut besar juga tambahan lebar dari Hyundai Creta. Wheelbase-nya mencapai 2.700 mm, menawarkan ruang kabin yang dimaksud lega kemudian nyaman.

Untuk menciptakan barang ini, kedua pabrikan ini harus menggunakan isi lokal. Untuk itu, penyimpan daya lithium-ion yang tersebut akan dipakai pada mobil ini akan dipasok oleh TDSG-JV, perusahaan patungan antara Suzuki, Denso, kemudian Toshiba. Baterai Li-ion ini diproduksi di dalam pabrik Gujarat, India.

Sementara itu, sel penyimpan daya lithium-ion akan diimpor dari BYD, Cina, untuk menjaga kualitas lalu performa.

Harga YY8 diprediksi sekitar 1,3 jt rupee (Rp 248 jutaan), menjadikannya pilihan yang digunakan menarik bagi konsumen yang dimaksud mencari mobil listrik canggih kemudian terjangkau.

Kerjasama Toyota lalu Suzuki ini menandakan era baru di lapangan usaha otomotif India. Peluncuran SUV listrik kembar ini akan mempercepat transisi ke mobilitas yang tambahan ramah lingkungan kemudian membuka jalan bagi masa depan yang digunakan lebih lanjut hijau.

Related Articles

Back to top button