Bisnis

Bus Transjabodetabek Punya Rute Baru Naik-Turun dari Mal, Ini adalah Daftarnya

Kertasleces.co.id – Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) membuka rute baru untuk angkuta bus Transjabodetabek. Salah satunya, rute pelanggan Transjabodetabek bisak naik juga turun di tempat pusat perbelanjaan atau mal.

Dalam pengaktifan rute ini, BPTJT menggandeng Dishub Provinsi DKI Ibukota Indonesia lalu BUMD PT Transportasi DKI Jakarta (Transjakarta). Nantinya, TransJakarta akan melayani rute-rute Transjabodetabek tersebut.

“Transjakarta sudah tertarik sebagai operator pada 6 dari 117 rute baru JR Connexion yang tersebut sudah kami petakan dengan jumlah total 22 unit,” ujar Plt Kepala BPTJ Suharto pada keterangannya, Selasa (23/1/2024).

Adapun, Transjakarta juga siap mengembangkan rute Transjabodetabek di dalam 8 mall yang dimaksud ada sekitar Bodetabek diantaranya Margocity Mall (Depok), Grand Serpong Mall (Tangerang) serta Mega Mall Ciputat (Tangerang Selatan). Total armada yang tersebut akan disiapkan adalah 18 unit.

Baca Juga: Bandara I Gusti Ngurah Rai Jadi yang dimaksud Paling Sibuk di area 2023

Transjabodetabek merupakan pengembangan dari layanan Angkutan Perbatasan Terintegrasi Bus Transjakarta. Layanan ini terdiri dari dua jenis, yaitu Transjabodetabek Reguler juga Transjabodetabek Premium.

Keduanya melayani permintaan transportasi ulang alik warga di area seputaran Bodetabek menuju DKI Jakarta kemudian sebaliknya. Kekinian, 4 mall yang eksisting telah dilakukan dilayani Transjabodetabek adalah Mega City Bekasi (Bekasi), BTC Bintaro (Tangerang Selatan), Lippo Cikarang (Bekasi), lalu TangCity Mall (Tangerang)

Transjabodetabek yang tersebut akan didukung oleh Pemprov DKI merupakan layanan Transjabodetabek Premium dengan origin yang mana dianggap potensial berdasarkan hasil analisa BPTJ yang digunakan diadakan pada tahun 2023 lalu.
Pemetaan dijalankan pada mall yang dimaksud dianggap mempunyai infrastruktur park and ride, sehingga memiliki demand yang cukup tinggi untuk menjadi alternatif apabila tidak ada memungkinkan melakukan penjemputan ke perumahan secara langsung.

“Ini merupakan langkah awal yang mana baik pada mewujudkan realisasi percepatan reformasi transportasi pada rangka menurunkan kemacetan dan juga polusi di area Jabodetabek. Di konferensi selanjutnya kami akan mengeksplorasi hal-hal teknis yang tersebut lebih lanjut detail sebelum melakukan penandatanganan MoU. Kami juga akan mengundang para pengembang, operator serta pihak mall untuk nantinya bisa saja merealisasikan penyediaan JRC, Transjabodetabek serta feeder LRT di dalam wilayah Bodetabek,” pungkas Suharto.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button