Nasional

Cak Imin: Akhir-akhir Ini adalah Banyak Sekali Kriminalisai ke Jurnalis

Kertasleces.co.id – Calon delegasi presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menilai, belakangan ini berbagai sekali terjadi kriminalisasi juga mengganggu hak-hak para jurnalis.

Hal itu disampaikan Cak Imin di acara Desak serta Slepet AMIN (Anies-Cak Imin) di dalam Jiexpo, Kemayoran, DKI Jakarta Pusat, Mulai Pekan (29/1/2024).

“Memang jurnalis adalah profesi yang istimewa sehingga kita harus hati-hati lantaran akhir-akhir ini berbagai sekali kriminalisasi mau pun upaya menggangu hak-hak para jurnalis,” ucap Cak Imin pada acara Desak & Slepet AMIN (Anies-Cak Imin) di dalam Jiexpo, Kemayoran, Ibukota Indonesia Pusat, Awal Minggu (29/1/2024).

Oleh sebab itu, Ketua Umum PKB itu berjanji bila AMIN menang di Pilpres 2024 akan menjamin hak-hak bagi para jurnalis.

“Saya juga Mas Anies kalau kita mendapatkan amanat ini, kita akan menjamin hak-hak yang melekat pada pribadi jurnalis. Kebebasan untuk menyampaikan ekspresi pekerjannya, kebebasan, pengamanan hukum itu mutlak,” ungkap Cak Imin.

Dalam kesempatan yang sama, capres Cak Imin, Anies Baswedan mewanti-wanti terkait perbuatan kriminalisasi terhadap jurnalis.

Anies menilai perlu adanya pedoman khusus bagi aparat penegak hukum di menangani tindakan hukum yang digunakan melibatkan jurnalis.

“Terutama yang tersebut aspek kriminalisasi tadi, ini kriminalisasi harus hati-hati, perlu pedoman khusus dari penegak hukum apabila ada pelaporan terhadap jurnalis sehingga kita punya mekanisme screening yang mana lebih lanjut ketat,” ucap Anies.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button