Bisnis

Cara Bank Daerah Genjot Inklusi Keuangan Demi Ciptakan Efisiensi Sektor Bisnis

Kertasleces.co.id – Bank DKI ingin terus menggenjot inklusi keuangan Indonesia. Berbagai upaya dilakukan, salah satunya dengan meningkatkan layanan digital dalam berbagai bidang.

Pasalnya, inklusivitas keuangan yang dimaksud tinggi pada suatu negara dapat menciptakan efisiensi ekonomi dan juga dapat mengupayakan stabilitas sistem keuangan nasional.

Sekretaris Organisasi Bank DKI, Arie Rinaldi menjelaskan, pihaknya pada saat ini sudah mempunyai layanan digital yang mana sudah dapat dinikmati oleh seluruh pelanggan Bank DKI, yaitu super apps JakOne Mobile Bank DKI. 

Aplikasi ini bisa jadi memberikan layanan digital antara lain inisiasi akun secara online, pemindahan antar rekening, scan QRIS, pembayaran berbagai tagihan lalu belanja, hingga Zakat juga Donasi.

Selain itu, Bank DKI juga mengembangkan JakOne Abank bagi para pelaku UMKM, layanan digital lain seperti Cash Management System, maupun aplikasi mobile pengajuan kredit secara online dengan program JakLoan. 

Dalam hal pelayanan operasi non-tunai berbasis kartu, Bank DKI terus memperluas persetujuan JakCard yang dimaksud berfungsi sebagai kartu uang elektronik pada berbagai moda transportasi DKI Jakarta, termasuk tiket masuk beberapa jumlah museum lalu tempat wisata di area Jakarta, seperti Monas, Taman Margasatwa Ragunan, juga Ancol.

Selanjutnya, pada upaya memperkuat pariwisata dalam Pusat Kota Jakarta, Bank DKI berkolaborasi bersatu otoritas Provinsi DKI DKI Jakarta melalui Dinas Peluang Usaha Pariwisata serta Perekonomian Kreatif memperkenalkan solusi digital, DKI Jakarta Tourist Pass.

Kartu ini berbasis elektronik/e-money (JakCard Bank DKI) juga dompet elektronik/e-wallet (JakOne Pay Bank DKI) yang mana dibuat demi memudahkan para wisatawan mengakses destinasi populer, transportasi, dan juga layanan pariwisata lainnya di dalam kota Jakarta.

“Kami berharap inisiatif-inisiatif yang diadakan Bank DKI dapat disambut baik serta berdampak positif terhadap peningkatan inklusi keuangan di tempat Indonesia,” ujar Arie terhadap wartawan disitir Kamis (25/1/2024).

Selain itu, Bank DKI juga memperluas layanan finansial dengan memaksimalkan peluang digital guna menghadirkan kemudahan operasi untuk nasabah, khususnya pada sektor pendidikan. 

Kini, Bank DKI telah lama bekerjasama dengan Fakultas Sektor Bisnis juga Bisnis Universitas Padjajaran (FEB Unpad) juga Politeknik STIA LAN di pemanfaatan hasil dan juga jasa layanan perbankan dan juga pendidikan, yang digunakan ditandai dengan seremonial penandatanganan Perjanjian Kerja Sama, pada Bandung pada Hari Sabtu (20/1/2024).

Direktur Teknologi & Operasional merangkap Pelaksana Pekerjaan (Plt.) Direktur Utama Bank DKI, Amirul Wicaksono menyambut baik kolaborasi yang tersebut terjalin dengan FEB Unpad kemudian Politeknik STIA LAN juga berharap dapat memperluas biosfer keuangan Bank DKI di tempat sektor pendidikan. 

Dalam kerjasama ini, Bank DKI juga akan menyediakan layanan perbankan yang dapat digunakan FEB Unpad serta Politeknik STIA LAN sebagai kelembagaan, maupun siswa pada kedua Lembaga Pendidikan tersebut.

“Layanan yang dimaksud mencakup diantaranya pendidikan, penelitian, pengabdian terhadap masyarakat, pemagangan mahasiswa, perbantuan tenaga ahli, juga pemanfaatan jasa layanan perbankan serta non perbankan,” tutur Amirul.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button