Teknologi

Cara Bikin Dokumen Google Docs Tidak Bisa Diubah, Ternyata Sangat Mudah

Kertasleces.co.id – Cara bikin dokumen Google Docs bukan sanggup diubah sangat mudah. Anda sanggup mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengamankan file Google Docs agar isinya tidaklah diubah orang lain.

Google Docs merupakan salah satu inisiatif pengolah kata yang mana bisa jadi dimanfaatkan pengguna untuk membagikan data secara real time.

Anda hanya saja perlu memasukan beberapa data penting ke di Google Docs, kemudian menyebarkan tautannya terhadap rekan lalu kolega. Dengan demikian, maka sebagai informasi yang dimaksud ada pada Google Docs yang disebutkan akan mampu diakses oleh rekan kerja Anda.

Akan tetapi terkadang, sejumlah kolega jahil yang mana dengan semena-mena mengubah isi dari data pada dokumen Google Docs Anda tersebut.

Jika hal ini menjadi salah satu yang dimaksud Anda khawatirkan, maka Anda bisa jadi menghasilkan dokumen Google Docs tidak ada bisa jadi diubah oleh orang lain, kecuali Anda sendiri.

Pada pengaturan Google Docs, Anda bisa jadi mengatur filenya sebagai sanggup diubah/diedit orang lain atau tidak. Untuk Anda yang digunakan tak ingin dokumennya diubah orang lain, maka Anda semata-mata perlu mengikuti langkah-langkah simpel berikut ini.

Cara Bikin Dokumen Google Docs Tidak Bisa Diubah

  1. Buka dokumen Google Docs Anda. 
  2. Klik menu “Bagikan” di area bagian pojok kanan atas. 
  3. Pada bagian “Restricted”, klik “Anyone with link”. 
  4. Klik fasilitas di area pojok kanan dengan mode “Viewer”.  Nantinya, pengguna yang tersebut menerima dokumen cuma dapat mengamati akses dokumen Anda tanpa mampu mengubahnya. 

Sementara itu, untuk mengizinkan orang lain melakukan pengeditan, Anda perlu mengubah akses dari “Viewer” menjadi “Publik” pada Pengaturan Bagikan, sehingga orang lain dapat bebas mengedit dokumen tersebut. 

Namun, perlu dicatat bahwa cara ini cuma dapat diadakan jikalau menggunakan akun pribadi. Akun sekolah atau kantor tak dapat melakukan transfer, mengundang, atau mengambil alih kepemilikan dokumen. 

Saat ini, Anda juga dapat mengundang lebih banyak dari satu teman atau rekan sekaligus. Jadi, apabila Anda ingin menambahkan 10 orang, Anda dapat mengirim undangan edit secara bersamaan tanpa perlu menambahkan satu per satu. 

  1. Masuklah ke akun Google Drive milik Anda. 
  2. Selanjutnya, cari dokumen yang ingin Anda bagikan. 
  3. Setelah itu, klik dokumen yang dimaksud serta pilih opsi “Bagikan”. 
  4. Maka akan muncul opsi “Pengaturan Berbagi”. 
  5. Agar orang lain bisa saja mengubah isi Google Docs, maka Anda bisa saja mengubah Pengaturan menjadi “Edit”. 

Sementara jikalau Anda belaka ingin mempersilahkan orang lain memberikan komentar, maka silahkan ubah pengaturannya menjadi “Comment”.

Itulah cara bikin dokumen Google Docs bukan dapat diubah sembarangan oleh orang lain. Dengan mengetahui langkah ini, maka dokumen Anda jadi lebih tinggi aman.

Kontributor : Damai Lestari 

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button