Teknologi

Cara Memperbaiki Layar Ponsel Retak

Kertasleces.co.id – Jika smartphone yang tersebut pengguna gunakan tiada mempunyai case pelindung, goresan dan juga retakan pada layar tak bisa saja dihindari.

Pengguna dapat memperbaiki layar retak pada ponsel, sehingga menghemat biaya perbaikan. Namun sebelum itu, pengguna harus mengetahui faktor layar ponsel retak.

Penyebab layar retak pada ponsel

Tak peduli seberapa hati-hati pengguna di menggunakan ponsel, pengguna dapat merusak layar HP secara tidak ada sengaja melalui beberapa cara:

  • Menjatuhkannya pada permukaan yang digunakan keras.
  • Menduduki ponsel.
  • Menabrak sesuatu pada waktu ponsel ada di area saku atau tas.
  • Menggunakan apa pun selain stylus sebagai stylus.

Cara memperbaiki layar retak pada smartphone

Pengguna mempunyai beberapa opsi untuk memperbaiki layar retak tergantung pada tingkat keparahan kerusakannya, sebagai berikut:

1. Gunakan selotip

Gunting selotip kecil juga letakkan pada berhadapan dengan retakan. Jika kecacatan terjadi pada sepanjang sisi ponsel, gunakan pisau X-Acto untuk memotong selotip.

2. Gunakan lem super

Lem cyanoacrylate atau tambahan dikenal dengan lem super dapat menyembunyikan retakan kecil. Gunakan sesedikit mungkin, kemudian bersihkan sisa perekat dengan hati-hati menggunakan kapas atau kain.

3. Mengganti layar sendiri

Jika layar sentuh masih berfungsi, pengguna dapat mengganti kacanya sendiri. Alat yang dimaksud diperlukan akan bergantung pada jenis ponsel.

Ilustrasi layar HP retak. [Unsplash/Kostiantyn Li]
Ilustrasi layar HP retak. [Unsplash/Kostiantyn Li]

4. Minta toko resmi untuk memperbaikinya

Jika ponsel masih pada garansi, produsen resmi dapat mengganti perangkat secara gratis. Sekalipun sudah ada habis masa berlakunya, pabrikan kemungkinan besar akan memperbaikinya dengan tarif tertentu. Sebagian besar garansi pabrik tidaklah mencakup kehancuran yang tersebut tidaklah disengaja, tetapi pengguna dapat membeli garansi sekunder yang mencakup kerusakan tersebut.

5. Tukarkan ponsel

Jika pengguna ingin melakukan upgrade, pengguna sebaiknya menukar perangkat yang mana rusak lalu menggunakan uang yang tersebut pengguna peroleh untuk membeli yang mana baru.

Itulah beberapa hal yang mana sanggup pengguna lakukan untuk memperbaiki layar retak pada ponsel.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button