Teknologi

Cara Memperbaiki Layar Sentuh iPhone yang mana Tidak Berfungsi

Kertasleces.co.id – Dalam beberapa kasus, iPhone tiada merespons input sentuhan pada layar yang digunakan kemungkinan besar penyebabnya adalah kecacatan perangkat keras.

Namun kecuali kerusakan yang dimaksud terlihat, pengguna dapat mencoba beberapa cara terlebih dahulu untuk memperbaiki layar sentuh iPhone yang digunakan tidak ada berfungsi atau error tanpa pergi ke Apple Store.

Berikut ini cara memperbaiki layar sentuh iPhone:

1. Periksa apakah pelindung layar yang digunakan menjadi penyebabnya

Jika hambatan muncul segera pasca menggunakan pelindung layar atau memasang casing yang tersebut sudah ada dilengkapi pelindung, itu adalah penyebabnya.

Ingatlah bahwa pelindung dirancang untuk memungkinkan input, sehingga kemungkinan besar pelindung rusak atau tidaklah dipasang dengan benar jikalau menyebabkan masalah.

2. Pastikan layar bersih dan juga kering

Layar kapasitif seperti pada iPhone mendeteksi sinyal listrik dalam jari pengguna, sehingga apabila ada cukup sejumlah kotoran atau cairan apa pun yang menghalanginya, hal ini dapat menghurangi sensitivitas sentuhan atau memblokirnya sepenuhnya.

Untuk membersihkan layar iPhone, pengguna dapat menggunakan air keran, tetapi yang dimaksud tambahan baik lagi adalah semprotan khusus untuk monitor atau kacamata.

Keringkan menggunakan kain mikrofiber, poles hingga semua bekas goresan hilang. Waspadai serpihan atau cairan yang tersebut terperangkap dalam bawah layar pada waktu pengguna menggunakannya, sebab ini adalah hambatan yang mana tambahan serius yang dimaksud pasti memerlukan perbaikan.

3. Putuskan sambungan aksesori kabel apa pun

Anehnya, beberapa aksesori USB-C atau Lightning dapat mengganggu teknologi sentuh iPhone, meskipun kedua sistem yang dimaksud seharusnya terpisah.

Apple sendiri mengakui hal ini, sehingga pengguna dapat mencabut elemen penyimpan daya atau perangkat berkabel lain yang mana kemungkinan besar pengguna sambungkan, lalu coba lagi kontrol sentuh.

Jika kesulitan hanya sekali muncul ketika aksesori tertentu dipasang, pengguna kemungkinan besar harus membuangnya atau mencari penggantinya. Jika hal ini terjadi pada setiap aksesori berkabel, mungkin saja ada bug iOS yang mendalam atau kesulitan perangkat keras.

Ilustrasi iPhone (unsplash/christianallard)
Ilustrasi iPhone (unsplash/christianallard)

4. Mulai ulang paksa iPhone

Mungkin semata ada kesalahan sementara yang digunakan sanggup diatasi dengan reboot, tapi itu sedikit rumit ketika layar sentuh tidaklah merespons.

ntungnya, Apple memikirkan hal itu, sehingga mungkin saja untuk memulai ulang secara paksa hanya saja dengan menggunakan tombol fisik. Di sebagian besar iPhone, pengguna dapat melakukan ini dengan mengetuk tombol jumlah atas, lalu tombol ukuran bawah, lalu terakhir menekan dan juga menahan tombol samping hingga logo Apple muncul.

5. Pindai pembaruan iOS

ika penyebabnya adalah bug perangkat lunak, pengguna harus memperbarui iPhone. Tetapi apabila pengguna bukan dapat menggunakan metode konvensional ketika input sentuhan rusak, pengguna bisa jadi melakukannya melalui Mac.

Colokkan iPhone, pilih iPhone dalam bar samping, lalu klik tab General. Klik opsi Check for Update kemudian pengguna seharusnya dapat menginstal, meskipun pengguna ungkin dimintai kode sandi.

Sementara itu, pengguna Windows perlu membuka iTunes, mencolokkan iPhone, kemudian mengklik ikon perangkat kecilnya ketika muncul di dalam bagian menghadapi aplikasi. Dari sana pengguna dapat memilih opsi Summary pada sidebar, lalu klik Check for Update.

Itulah beberapa langkah simpel yang bisa saja pengguna lakukan untuk memperbaiki layar sentuh iPhone yang tiada berfungsi.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button