Nasional

Cari Warga Taiwan Korban Kapal Terbalik Di Kepulauan Seribu, Basarnas Kerahkan 7 Armada

Kertasleces.co.id – Badan SAR Nasional (Basarnas) DKI Ibukota Indonesia mengerahkan tujuh unit armada kapal untuk melakukan pencarian terhadap warga asing selama Taiwan yang tersebut hilang dalam perairan Pulau Rambut Kepulauan Seribu.

“Pagi ini, kami lakukan pencarian korban KM Pari Kudus terbalik di area Perairan Pulau Rambut pada Awal Minggu (kemarin) sore,” kata Kasiop Basarnas DKI Ibukota Agung Priambodo, dalam Jakarta, Selasa (12/3/2024).

Ia menyatakan ada 80 hingga 100 personel gabungan yang mana bergerak mencari korban di tempat perairan tersebut.

Ia menyebutkan tujuh unit kapal yang tersebut dikerahkan milik Basarnas,TNI AL, kepolisian, Sudin Gulkarmat Ibukota Indonesia Utara juga Kepulauan Seribu kemudian lainnya.

Selain itu, kapal dari Asha Resort juga ikut serta pada pencarian korban.

“Kami sudah ada bergerak sejak pukul 07.00 Waktu Indonesia Barat mencari korban hilang,” kata dia.

Ia menyatakan pencarian diadakan pada sekitar lokasi kejadian kemudian penyisiran mulai dari lokasi kejadian ke arah timur serta arah selatan.

Sebelumnya, orang warga negara asing (WNA) dengan syarat Taiwan bernama Shi Yi hilang ketika kapal KM Parikudus terbalik pada Mulai Pekan (11/3).

Menurut dia, korban hilang ini menggunakan kaos abu-abu, celana hitam kemudian topi hitam.

“Korban ini berusia sekitar 40-45 tahun juga masih di kondisi hilang,” kata dia.

Agung menyatakan total penumpang kapal KM Pari Kudus yang digunakan terbalik pada Pulau Rambut Kepulauan Seribu sebanyak 35 orang.

“Ada satu orang yang tersebut tiada masuk manifes penumpang dari data awal serta beliau selamat,” kata dia.

Ia menjelaskan 35 orang yang disebutkan terdiri dari 32 penumpang ditambah tiga anak buah kapal yang digunakan menyeberang dari Asha Resort Pulau Payung Kepulauan Seribu Selatan menuju Pantai Mutiara Ibukota Indonesia Utara.

“Satu korban masih hilang lalu 31 penumpang lalu tiga anak buah kapal sudah ada dievakuasi,” kata dia.

Sementara Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Jarot menyatakan ada 10 warga negara asing yang dimaksud menjadi korban KM Pari Kudus yang terbalik diterjang ombak pada waktu berlayar dari Asha Resort Pulau Payung Kepulauan Seribu Selatan menuju Pantai Mutiara Ibukota Indonesia Utara.

“Ada 10 warga negara asing dan juga 22 warga Indonesia yang digunakan menjadi penumpang kapal yang tersebut terbalik akibat ombak tinggi juga angin kencang,” kata AKBP Jarot.

Ia menjelaskan 10 warga asing itu terdiri dari lima warga negara China, empat warga Taiwan dan juga satu Korea.

“Satu korban yang digunakan masih hilang yakni warga jika Taiwan,” kata dia.

Sebelumnya, KM Parikudus yang digunakan menghadirkan puluhan penumpang, terbalik dalam Perairan Pulau Rambut, Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan pada Mulai Pekan (11/3) pukul 15.30 Waktu Indonesia Barat usai menerjang gelombang tinggi.

“Kondisi cuaca buruk serta gelombang laut tinggi membuat, KM Parikudus diterjang ombak tinggi kemudian menciptakan kapal milik Asha Resort ini terbalik,” kata AKBP Jarot. (Sumber: Antara)

Related Articles

Back to top button