Otomotif

Cat Motor Berubah usai Dipakai Bertahun-tahun? Ternyata Ini adalah Sebabnya

Kertasleces.co.id – Pemotor pastinya pernah mengalami kondisi dimana cat motor berubah warna usai dipakai bertahun-tahun. Biasanya warna dari motor yang dimaksud dulunya hitam, saat ini menjadi kusam.

Perubahan cat motor ini disebabkan beberapa faktor yang digunakan kerap dijalankan pemotor itu sendiri. Hal sepele yang mana dijalankan pemotor memiliki dampak yang mana signifikan pada cat motor.

Lalu apa sekadar penyulut cat motor mengalami pembaharuan usai dipakai bertahun-tahun? Berikut enam sebab pembaharuan cat motor dilansir dari Honda Cengkareng.

1. Paparan Sinar Matahari yang digunakan Berlebihan

Pasti tak sedikit dari pemotor yang mana kerap memarkir kendaraan dalam ruang terbuka? Ternyata penempatan parkir motor di tempat tempat terbuka mampu menghasilkan cat mtoor rusak/

Hal ini lantaran paparan sinar matahari yang mana berlebihan. Sinar ultraviolet (UV) dapat merusak lapisan cat, menyebabkan warna cat motor memudar, kusam, atau bahkan menguning.

2. Debu yang Menempel

Pemotor yang tersebut malas membersihkan motornya, mampu memproduksi cat motor berubah. Debu yang dimaksud menempel pada bodi motor seiring waktu dapat mengempiskan daya kilap plastik juga meningkatkan risiko baret-baret. Partikel halus ini dapat mengganggu keindahan warna motor.

3. Pengaruh Air Hujan kemudian Polutan Udara

Di wilayah perkotaan, air hujan seringkali mengandung zat asam nitrat (HNO3) akibat polusi udara. Zat ini dapat merusak lapisan pengilap cat motor dan juga mempercepat korosi pada bagian logam teristimewa pada bagian mesin juga sasis.

4. Cipratan juga Tumpahan Minyak

Minyak rem kemudian tumpahan substansi bakar dapat menjadi musuh cat motor. Cipratan minyak rem yang digunakan tiada sengaja dapat meresap ke di lapisan cat, sementara materi bakar minyak dapat mempengaruhi kualitas cat motor.

5. Proses Cuci Motor yang tersebut Tidak Tepat

Penggunaan sabun colek atau deterjen yang mana mengandung zat kimia keras pada waktu mencuci motor dapat merusak juga mengikis cat motor. Proses pencucian yang kurang baik dapat berkontribusi pada kerusakan cat.

6. Pengeringan yang dimaksud Kurang Tepat

Pengeringan yang tidaklah sempurna, dengan bercak air yang dimaksud tertinggal pada bodi motor, dapat menyebabkan munculnya noda air atau jamur yang mana sulit dihilangkan, berpotensi merusak kualitas cat.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button