Lifestyle

Cerita Tom Lembong Diduga Jadi Cepu, Bongkar-bongkar Rahasia eksekutif ke Industri Media Mancanegara

Kertasleces.co.id – Co-captain Timnas AMIN, Thomas Trikasih Lembong atau Tom Lembong masih menjadi atensi publik. Nama Tom Lembong jadi perbincangan usai namanya diungkit oleh Gibran Rakabuming Raka di debat cawapres, Hari Minggu (21/1/2024).

Tom Lembong sendiri tidak orang baru di area kebijakan pemerintah Tanah Air. Tom sempat menjabat sebagai Menteri Perdagangan hingga Kepala Badan Kesepahaman Penanaman Modal (BKPM) dalam era Presiden Joko Widodo periode pertama.

Dari jabatan tersebut, pernah ada cerita bahwa Tom pernah disemprot Jokowi pada acara Rakornas BKPM 2019 lalu. Usai disemprot Jokowi, Tom Lembong kembali menjadi sorotan dalam tahun tersebut. 

Hal ini bermula dari sebuah artikel yang tersebut ditulis oleh jurnalis dengan syarat Selandia Baru, John McBeth di tempat portal Asia Times. Pada artikel yang disebutkan menjelaskan bahwa Tom membongkar dapur perusahaan Tanah Air yang digunakan seharusnya bukan diungkapkan dalam publik.

Tom Lembong lalu Anies Baswedan perdana live TikTok bersama. (Twitter/@aniesbubble)
Tom Lembong kemudian Anies Baswedan perdana live TikTok bersama. (Twitter/@aniesbubble)

Pada artikel tersebut, Tom menyebutkan bahwa grafik makro dunia usaha Indonesia paling menakutkan. Pasalnya, Indonesia yang sebelumnya menjadi pengekspor minyak serta gas alam cair (LNG) terbesar ini malah akan datang menjadi nett importir.

Tom juga menyebutkan bahwa langkah Indonesia akan memberikan dampak pada neraca perdagangan, neraca pembayaran, lalu turunnya nilai kurs rupiah.

Pernyataan Tom diduga dapat berpengaruh pada lapangan usaha minyak Tanah Air. Usai pernyataan Tom bahkan dikabarkan ada perusahaan besar yang akan segera memasarkan saham mereka. 

Hal ini yang mana kemudian memunculkan asumsi bahwa memang sebenarnya hubungan Tom kemudian Jokowi kala itu sudah ada tak seakur biasanya. Usai lepas dari Kepala BKPM, Tom menjadi orang kepercayaan Anies Baswedan. 

Pada 2021 Tom menjadi orang dekat Anies. Ia diberi jabatan sebagai Ketua Dewan PT Jaya Ancol, satu-satunya Badan Usaha Milik eksekutif Provinsi di area Indonesia yang tersebut terdaftar di tempat Bursa Efek Indonesia (BEI).

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button