Bisnis

Dapat Sertifikasi Halal, Flip’NFry Siap Ramaikan Industri Halal Tanah Air

Kertasleces.co.id – Flip’NFry berhasil meraih sertifikasi halal dari Badan Penyelenggara Garansi Sistem Halal (BPJPH) Kementrian Agama Republik Indonesia. Sertifikat Halal ini merupakan langkah Flip’NFry menunjukkan komitmennya untuk memberikan rasa aman kemudian nyaman terhadap pengunjung ketika menyantap Waffle kemudian makanan yang dimaksud disajikan di dalam restoran yang didirikan oleh Rida Saputra Widjaja (Ian) kemudian Martinus Tara.

Menurut Pendiri Flip’NFry sekaligus Direktur Operational PT Karya Boga Perkasa, Martinus Tara, sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar dalam dunia, status halal menjadi pertimbangan penting bagi konsumen Indonesia pada memilih makanan. Apalagi, terlihat jelas peningkatan yang digunakan signifikan terkait makanan halal diseluruh dunia.

“Kami mendapati konsumen Indonesia sangat memahami dan juga sadar akan makanan yang dimaksud merek konsumsi. Hal itu ditandai dengan banyak pengunjung yang mana datang ke gerai Flip’NFry menanyakan apakah kami sudah ada memperoleh sertifikasi halal. Sebagai brand karya anak bangsa yang digunakan baru pada dunia F&B, kami ingin menunjukan keseriusan di mengembangkan item ini untuk seluruh rakyat lalu stakeholder kami,” ujar Martinus pada keterangan tertulisnya, hari terakhir pekan (26/1/2024).

Menurut pria yang mana telah berkecimpung di area dunia F&B selama lebih tinggi dari 20 tahun ini, sejatinya semua produk-produk yang tersebut disajikan dalam Flip’NFry dijamin kehalalannya sejak restoran itu beroperasi di tempat hari pertama. Sertifikat Halal disebutnya sebagai penegasan demi kenyamanan para pengunjung restoran.

“Kami ingin memberikan rasa aman bagi penduduk Indonesia ketika menikmati sajian khas Amerika ala Flip’NFry. Hal ini memudahkan kami pada pengembangannya baik di negeri kemudian luar negeri,” kata Martinus.

Senada dengan Martinus, Presiden Direktur PT Karya Boga Perkasa dan juga founder, Rida Saputra Widjaja, juga berharap Sertifikat Halal ini dapat memberikan kepercayaan untuk rakyat bahwa produk-produk atau layanan yang dimaksud dihasilkan sudah melalui proses yang tersebut transparan, adil serta sesuai dengan ketentuan halal yang dimaksud berlaku.

Hal ini tiada hanya saja berdampak pada pemenuhan permintaan konsumen, tetapi juga memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan sektor ekonomi serta industry halal pada negeri ini.

“Hari ini juga tepat 1 tahun FlipNFry hadir di dalam Indonesia, kami bersyukur dapat melaksanakan peresmian sertifikasi halal. Peresmian ini tidak cuma sekedar pencapaian, namun sebagai tonggak yang digunakan bersejarah bagi kita semua dan juga juga menunjukkan komitmen kami untuk mengembangkan hasil ini untuk seluruh penduduk dan juga stakeholder kami. Kami meninjau hal ini justru memperluas pengembangan usaha kami dengan memberikan kepercayaan untuk rakyat luas di area Indonesia,” ujar Rida.

Seiring meningkatnya kepercayaan lingkungan ekonomi pada FlipNFry tahun ini perluasan pangsa dilakukan.

“Pondok Indah Mall dikenal sebagai pusat trendsetter lifestyle juga kuliner di area DKI Jakarta sudah menerima kami, targetnya sebelum Lebaran tahun ini FlipNFry sudah ada dapat beroperasi pada sana,” ungkapnya.

Kepala BPJPH Kemenag RI, yang digunakan diwakili oleh Siti Aminah, Kepala Pusat Registrasi dan juga Sertifikasi BPJPH, mengapresiasi komitmen Flip’NFry untuk menciptakan restoran yang aman di tempat negara yang dimaksud berpenduduk mayoritas muslim ini. Hal ini sejalan dengan komitmen BPJPH yang ingin mewujudkan penyelenggaraan Pemastian Barang Halal (JPH) yang mana semakin berkualitas.

“Proses sertifikasi halal yang mana dijalankan oleh BPJPH Kemenag khususnya terhadap industri F&B melibatkan tiga pihak, yaitu BPJPH, MUI lalu Lembaga Pemeriksa Halal (LPH), pada hal ini Sucofindo. Masing-masing pihak miliki tugas kemudian tanggung jawabnya di tahapan sertifikasi halal, sejak dari pengajuan pemilik produk-produk hingga terbitnya sertifikat. Proses ini bertujuan untuk memberikan jaminan serta pemeliharaan terhadap publik bahwa hasil yang tersebut merekan konsumsi telah lama sesuai dengan syariah Islam. Selain itu, proses ini juga memberikan kegunaan bagi pelaku usaha, seperti meningkatkan kepercayaan konsumen, memperluas pasar, kemudian meningkatkan kualitas produk,” ujar Siti Aminah

“Proses pemeriksaan kehalalan pada Flip’NFry kami lakukan dengan seksama, mulai dari daftar materi baku, sertifikat halal dari pemasok, SJPH, fasilitas, kemudian proses produksi. Kami memeriksa kesesuaian dokumen dengan penerapan di area lapangan, seperti aspek perolehan bahan, distribusi unsur ke lokasi produksi, penyimpanan, pengolahan, penandaan, juga sebagainya. Kami sebagai Lembaga Pemeriksa Halal juga mengambil sampel produk-produk untuk diuji di area laboratorium. Flip’NFry sudah ada menyeberangi semua hal yang disebutkan sehingga dinyatakan layak mendapat sertifikat halal,” ujar Agus Suryanto, Kepala LPH PT Sucofindo.

Data BPJPH Kemenag RI mengumumkan tahun 2023 jumlah keseluruhan penerbitan sertifikat halal naik sampai 110,91 persen, dengan total sertifikat halal diterbitkan sebanyak 1.118.490 sertifikat, serta pada waktu ini 3.494.693 hasil telah terjadi bersertifikat halal.

Sertifikat Halal FlipNFry sudah pernah diserahkan oleh Siti Aminah, Kepala Pusat Registrasi juga Sertifikasi BPJPH untuk Rida Saputra Widjaja selaku founder Flip’NFry.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button