Bisnis

Desa Padang Panjang di dalam Kalsel Maju Manfaatkan AgenBRILink lalu BRImo untuk Dongkrak Perekonomian

Kertasleces.co.id – Sebagai desa terbesar di area Kecamatan Tanta, Kota Tabalong, Kalimantan Selatan (Kalsel), Desa Padang Panjang mempunyai berbagai prospek yang digunakan dapat dikembangkan.

Mulai dari perkebunan, perikanan, hingga pariwisata mampu menjadi penyokong perekonomian penduduk desa.

Sadar akan prospek tersebut, pemerintahan Desa Padang Panjang pun giat mengembangkannya. Tak heran, desa ini mendapatkan juara harapan dua pada turnamen Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023 yang mana dijalankan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI, Rabu (10/1/2024).

Desa BRILiaN adalah kegiatan pemberdayaan desa yang dimaksud bertujuan untuk meningkatkan prospek serta digitalisasi sehingga perekonomian desa dapat diperkuat. Pengembangunan melalui inisiatif ini berfokus pada beberapa jumlah aspek.

Kepala Desa Padang Panjang Bumukti mengatakan, salah satu kemungkinan terbesar yang tersebut ada di area desanya adalah terkait hasil perkebunan, teristimewa karet.

“Mayoritas wilayah di tempat Desa Padang Panjang itu diisi oleh kebun karet. Makanya, sebagian besar publik pada di lokasi ini bekerja sebagai petani karet. Jumlahnya sekitar 85 persen dari total keseluruhan penduduk,” ujar Bumukti, Selasa (22/1/2024).

Selain karet, Desa Padang Panjang juga fokus membudidayakan ikan. Saat ini, kata Kades, Desa Padang Panjang telah terjadi menjalankan 24 unit keramba ikan dalam Sungai Panukuan untuk budi daya ikan nila juga mas.

Jumlah keramba ikan yang dimaksud akan ditambah menjadi 40 keramba pada 2024 oleh sebab itu sudah pernah memberikan dampak kegiatan ekonomi yang dimaksud cukup besar.

Untuk pariwisata, Desa Padang Panjang juga mempunyai destinasi wisata yang tersebut cukup terkenal di area kalangan masyarakat, yakni Taman Wisata Menanti Laburan.

Meski baru dibuka pada 2020, destinasi yang mana dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Maju Jaya yang dimaksud menunjukkan perkembangan signifikan.

“Jumlah wisatawan rata-rata 30.000 per tahun, untuk menambah daya tarik Taman Wisata Menanti Laburan, BUM Desa Maju telah merancang sirkuit grasstrack juga wahana-wahana baru”. kata Bumukti.

BUM Desa Maju Jaya juga kerap mengadakan berbagai event seru pada sirkuit grasstrack tersebut. Upaya-upaya ini sukses menarik minat wisatawan untuk datang.

“Event yang diadakan itu menimbulkan Taman Wisata Menanti Laburan semakin hidup. Ini adalah lantaran warung-warung lokal jadi ramai, transaksi jual beli makanan meningkat, serta jumlah total pengunjung yang dimaksud ke taman juga meningkat secara drastis,” ucapnya.

Saat ini, tambah Bumukti, pendapatan kotor Taman Wisata Menanti Laburan berada pada kisaran Simbol Rupiah 600 jt per tahun.

Jumlah yang disebutkan berasal dari transaksi jual beli tiket masuk, sewa warung, wahana permainan, outbond, kemah, kemudian kunjungan grup.

Produk BRI bantu dongkrak perekonomian

Peran BUM Desa Maju Jaya sebagai motor penggerak perekonomian di tempat Desa Padang Panjang cukup besar. BUM Desa Maju Jaya mampu memberikan dampak terhadap peningkatan taraf kesejahteraan dalam wilayah tersebut.

Selain mengurus Taman Wisata Menanti Laburan, BUM Desa Maju Jaya juga mengoptimalkan komoditas BRI untuk mendongkrak ekonomi warga Desa Padang Panjang. Salah satunya adalah AgenBRILink.

AgenBRILink adalah layanan perbankan tanpa kantor yang tersebut diinisiasi oleh BRI untuk menjangkau rakyat pada seluruh Nusantara. Dalam layanan ini, BRI menggandeng pengguna sebagai agen yang tersebut dapat melayani proses perbankan bagi penduduk secara real-time online dengan konsep sharing fee. Dengan demikian, publik tak perlu ke kantor cabang BRI untuk melakukan operasi tersebut.

“BUM Desa Maju Jaya awalnya hadir untuk menjalankan warung sembako. Kemudian, BUM Desa Maju Jaya mengajukan untuk BRI untuk menjadikan warung yang dimaksud dikelolanya sebagai AgenBRILink,” kata Bumukti.

Dari situ, lanjut Bumukti, warung sembako yang dimaksud dikelola BUM Desa Maju Jaya secara perlahan berkembang. Kehadiran AgenBRILink juga memudahkan rakyat yang tiada mempunyai akun bank untuk mengakses layanan perbankan.

“Sekarang, jadi banyak aktivitas operasi perbankan yang dimaksud diadakan penduduk. Selain mempermudah, pendapatan pemilik warung yang tersebut menjadi AgenBRILink juga bertambah dikarenakan mendapatkan komisi dari tiap transaksi. Jadi, memang sebenarnya benar-benar berdampak secara ekonomi,” terangnya.

Selain AgenBRILink, layanan mobile banking BRImo turut memberikan dampak terhadap keberadaan publik Desa Padang Panjang.

Layanan yang dimaksud memudahkan penduduk pada bertransaksi, membayar tagihan, juga top-up tersisa dompet digital. BRImo juga digunakan penduduk untuk melakukan proses pembayaran QRIS BRI melalui QRIS BRImo.

“Banyak warga desa kami sudah ada merasakan khasiat BRImo, mulai dari pemindahan uang hingga beli pulsa,” terang Bumukti.

Pelaku perniagaan Desa Padang Panjang dan juga unit perniagaan BUM Desa Maju Jaya juga dimudahkan untuk mendapatkan kode QRIS sebagai pilihan metode pembayaran setelahnya menjadi Merchant BRI.

“Pelaku bisnis mikro menengah cukup banyak di tempat Desa Padang Panjang, termasuk yang mana ada di tempat Taman Wisata Menanti Laburan. Contohnya, ada warung Lamongan kemudian seafood. Ketersediaan metode pembayaran lewat QRIS memberikan kemudahan bagi konsumen merekan di bertransaksi dikarenakan hampir 60 persen pelanggannya adalah karyawan dari perusahaan tambang. Mereka kalau beli setiap saat membayar secara digital,” ujarnya.

Tertarik untuk meningkatkan peluang desa Anda agar tambahan forward dan juga kreatif dalam masa depan dan juga sekaligus mengikuti jejak desa-desa yang digunakan menjadi pemenang Proyek Desa BRILiaN? Segera raih kesempatan jadi partisipan Desa BRILiaN untuk periode 2024.

Untuk mendapat informasi terkait pendaftaran, segera kunjungi atau hubungi kantor BRI juga mantri BRI yang mana ada di dalam desa Anda. Jadikan desa Anda sebagai Desa BRILiaN selanjutnya.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button