Teknologi

Diisukan Gagal, Oppo Pastikan Tetep Peluncuran HP Lipat

Kertasleces.co.id – Oppo meyakinkan kalau perusahaannya masih merilis HP lipat. Perusahaan dengan syarat China itu menegaskan terus meluncurkan ponsel layar lipat. 

“Dedikasi Oppo terhadap pengembangan berkelanjutan teknologi ponsel lipat masih tiada berubah. Harap nantikan pembaruan kemudian pengumuman resmi kami,” kata Oppo, disitir dari GSM Arena, Rabu (21/2/2024). 

Pernyataan ini membantah rumor beberapa waktu lalu yang dimaksud mengumumkan kalau Oppo kemudian Vivo akan berhenti meluncurkan HP lipat. 

Sayang baru Oppo yang dimaksud membantah rumor tersebut, Vivo masih belum berkomentar. 

Rumor ini mencuat dari manusia analis smartphone Ming-Chi Kuo beberapa waktu lalu. Ia menyatakan kalau Oppo serta Vivo memutuskan pergi dari dari bursa ponsel lipat. 

Alasannya, pemasaran HP lipat dalam seluruh dunia berada dalam melambat beberapa waktu belakangan. Terbukti pemain ponsel lipat populer seperti Samsung malah menurunkan target penjualan. 

Kuo lalu mengumumkan kalau Oppo dan juga Vivo kompak menyetop produksi ponsel lipat berdesain clamshell ala Samsung Galaxy Z Flip 5. Ia mengatakan kalau ia brand ini tak lagi mengedarkan smartphone itu pada China mulai tahun 2024.

Kuo dapat dipertanggungjawabkan kalau keuntungan transaksi jual beli ponsel lipat clamshell sangat sedikit. Ponsel itu memang sebenarnya sejumlah disukai pelanggan sebab harganya lebih tinggi diskon ketimbang HP layar lipat versi buku. 

Nah lantaran harganya rendah maka tidak ada sebanding dengan ongkos produksi seperti biaya pengembangan, pemasaran, serta distribusi yang tersebut kemungkinan besar terlalu besar. Sehingga itu tidak ada cukup menguntungkan untuk siklus hasil berikutnya.

Untuk yang tersebut belum tahu, Oppo telah meluncurkan HP lipat di dalam Indonesia sejak 2023 lalu. Mereka adalah Oppo Find N3 yang digunakan mirip seperti buku, serta Oppo Find N3 Flip yang dimaksud berdesain clamshell. 

Related Articles

Back to top button