Kesehatan

Dilakukan 2 Kali Dalam Sehari, Sebenarnya Kapan Sih Waktu Tepat Gosok Gigi?

Kertasleces.co.id – Dalam menjaga kebugaran gigi, perawatan simpel yang dijalankan yakni dengan menggosoknya secara rutin. Dalam hal ini, biasanya seseorang akan menggosok giginya 2 kali pada sehari. Hal yang disebutkan dipercaya dapat menjaga kondisi tubuh gigi.

Namun, kebiasaan menggosok gigi ini sendiri juga banyak menjadi pertanyaan. Pasalnya, orang-orang masih bingung waktu yang dimaksud tepat untuk menggosok gigi yang baik. Lantas sebenarnya, kapan waktu yang digunakan tepat untuk menggosok gigi dengan baik?

Menanggapi hal tersebut,  Dokter Gigi, drg. Yulita Bong menjelaskan, waktu rutin menggosok gigi ketika waktu malam itu telah jelas, yakni sebelum tidur atau makan terakhir. Hal ini dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan sebelum tidur.

Hal ini sebab makanan sisa yang digunakan tertinggal jikalau dibiarkan juga terkena dengan air liur, itu akan jadi masalah. Makanan itu yang nantinya menjadi pemicu gigi berlubang.

Ilustrasi orang yang dimaksud sedang menggosok gigi (Freepik/freepik)
Ilustrasi orang yang sedang menggosok gigi (Freepik/freepik)

“Sebelum tidur udah pasti, jadi pasca makan terakhir itu sebelum tidur udah pasti. Karena kalau tidur itu kan air liurnya jadi sedikiT. Nah air liur Itu bikin kuman-kuman itu gampang untuk mengalami perkembangan biak serta bikin lubang dalam situ,” ucap drg. Yulita ketika diwawancarai beberapa waktu lalu.

Sementara itu, untuk sikat gigi pada pagi hari ini tergantung dengan situasi. Seseorang boleh melakukan sikat gigi usai bangun tidur. Di sisi lain, seseorang boleh juga sikat gigi setelahnya sarapan. Hal ini juga disarankan agar menghilangkan sisa makanan setelahnya sarapan.

“Nah kalau pagi ini kan acara diributin apakah bangun tidur dengan segera sikat gigi atau setelahnya sarapan. Tapi sebenarnya itu yang penting sikat gigi lantaran kemungkinan besar kita nggak mampu maksain kebiasaan orang yang tersebut terbaik itu. Sebenarnya memang sebenarnya setelahnya sarapan 15 menit disarankan sikat gigi, tapi kalau misalnya tiada memungkinkan ya pokoknya bangun tidur sikat gigi juga tidaklah apa-apa,” jelasnya.

Alasan sikat gigi penting sendiri sebab jikalau gigi alami hambatan akan sangat mengganggu. Kondisi gigi yang digunakan alami gangguan dapat sebabkan tingkat kepercayaan menjadi menurun. Gigi yang digunakan tak terawat juga sebabkan berbagai kesulitan dalam antaranya:

1. Makan terganggu

Kondisi gigi yang bermasalah akan sebabkan makan terganggu. Hal ini lantaran gigi yang tersebut sakit menghasilkan seseorang malas untuk makan.

2. Bau mulut

Gigi yang bermasalah dapat sebabkan mulut menjadi bau. Hal ini akan memproduksi seseorang menjadi bukan nyaman dengan kondisinya.

3. Kepercayaan diri menurun

Ketika kondisi giginya rusak juga jelek dan juga bau, seseorang menjadi tak percaya diri. Mereka justru akan merasa minder dengan kondisinya itu.

“Kadang kalau misalnya sakit gigi jadi untuk makanan terganggu serta bau mulut. Itu jadi terganggu, lalu yang penampilan juga terganggu. Gak jarang ketemu pasien yang tersebut kalau ketawa atau senyum prefer nggak ada giginya atau ditutupi. Karena merek nggak percaya diri dengan bau atau giginya nggak rapi nah hal-hal itu yang mana mempengaruhi percaya diri seseorang juga mempengaruhi kualitas hidupnya,” pungkasnya.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button