Lifestyle

Doa Isra Miraj Dibaca Waktu senja 27 Rajab, Simak Tata Cara Memanjatkannya Agar Hajat Terkabul

Kertasleces.co.id – Periode Rajab 1445 Hijriah sudah ada memasuki pertengahan, selain diisi dengan ibadah puasa, umat Islam juga perlu terus meningkatkan amalan lainnya. Salah satunya dengan membaca doa Isra Miraj.

Apakah kalian tahu bahwa ada doa khusus yang tersebut dapat dibaca ketika di malam hari Isra Miraj 27 Rajab? Bacaan doa Isra Miraj ini cukup singkat tapi miliki keistimewaan tersendiri.

Lantas kapan doa Isra Miraj ini dibaca? Tahun ini, Isra Miraj akan jatuh pada pada hari Kamis, 8 Februari 2024 atau 27 Rajab 1445 Hijriah.

Sebaiknya doa ini dibaca menjauhi di malam hari 27 Rajab atau sebelum 8 Februari 2024. Sebelum mengetahui bacaan doa Isra Miraj, ketahui dahulu tata cara memanjatkannya.

Tata cara Baca Doa Isra Miraj

Sebelum memanjatkan doa khusus di dalam di malam hari Isra Miraj, umat Islam perlu melakukan:

  1. Shalat sunnah dua rakaat
  2. Setelah membaca surat Al-Fatihah bacalah surat Al-Ikhlas pada rakaat pertama kemudian kedua
  3. Kemudian baca shalawat pada Nabi Muhammad sebanyak 10 kali
  4. Setelah selesai, silahkan membaca doa seperti berikut:

Doa Waktu senja Isra Miraj

اللهم إِنِّي أَسْأَلُكَ بِمُشَاهَدَةِ أَسْرَارِ الْمُحِبِّيْنَ، وَبِالْخَلْوَةِ الَّتِي خَصَّصْتَ بِهَا سَيِّدَ الْمُرْسَلِيْنَ حِيْنَ أَسْرَيْتَ بِهِ لَيْلَةَ السَّابِعِ وَالْعِشْرِيْنَ أَنْ تَرْحَمَ قَلْبِيَ الْحَزِيْنَ وَتُجِيْبَ دَعْوَتِيْ يَا أَكْرَمَ الْأَكْرَمِيْنَ

Allaahumma inn as’aluka bi musyaahadati asraaril muhibbiin, wa bil khalwatil latii khashshashta bihaa sayyidal mursaliin hiina asraita bihii lailatas saabi’i wal ‘isyriin an tarhama qalbiyal haziina wa tujiiba da‘watii yaa akramal akramiin.

Artinya, “Ya Allah, dengan keagungan diperlihatkannya rahasia-rahasia orang-orang pecinta, dan juga dengan kemuliaan khalwat (menyendiri) yang tersebut hanya saja Kau khususkan pada pimpinan para rasul, ketika Engkau memperjuangkannya pada di malam hari 27 Rajab, sungguh aku mohon pada-Mu agar Kau merahmati hatiku yang mana sedih kemudian Kau mengabulkan doa-doaku, wahai Yang Maha Memiliki kedermawanan.”

Menurut NU Online, Syekh Muhammad bin Abdullah bin Hasan al-Habibi al-Qadiri di Darul Kutub Ilmiyah menjelaskan bahwa siapa yang mana membaca doa Isra Miraj dalam di malam hari 27 Rajab, maka akan dikabulkan keinginannya oleh Allah SWT.

Doa yang dimaksud berarti bahwa siapa hanya yang digunakan membacanya di tempat tanggal 27 Rajab serta menyebutkan hajatnya pada Allah, maka Allah SWT akan mengabulkan segala hajat, melapangkan urusannya, juga menghidupkan hatinya.

Isra Miraj merupakan momen penting pada Islam. Maka dari itu perlu diperingati dengan cara yang mana baik yaitu dengan meningkatkan keimanan juga ibadah.

Sebab keistimewaan bulan Rajab ini bahkan difirmankan Allah Swt pada QS. At.Taubah ayat 36 yang digunakan berbunyi:

Inna ‘iddatasy-syuhuri ‘indallaahisnaa ‘asyara syahran fii kitaabillaahi yauma khalaqas-samaawaati wal-arda min-haa arba’atun hurum, zaalikad-diinul-qayyimu fa laa tazlimu fiihinna anfusakum wa qaatilul-musyrikiina kaaffatang kamaa yuqaatilunakum kaaffah, wa’lamuu annallaaha ma’al-muttaqiin.

Artinya:
“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, pada ketetapan Allah dalam waktu Dia menciptakan langit lalu bumi, di tempat antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang tersebut lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu pada bulan yang empat itu.”

Peristiwa Isra Miraj pun tertuang pada Al-Quran surat Al-Isra ayat pertama yang dimaksud berbunyi:

Subhanallazi asra bi’abdihi lailam minal masjidil harami ilalmasjidil aqsa alladzi barakna haulahu linuriyahu min ayatina, innahu huwa samiul basir.

Artinya:

Maha suci Allah yang mana telah dilakukan menjalankan hamba-Nya dalam suatu di malam hari dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang kami sudah pernah berkahi sekelilingnya untuk Kami perlihatkan kepadanya (Muhammad SAW) tentang ayat-ayat Kami. Sesungguhnya Dia adalah Dzat yang Maha Mendengar lagi Maha Melihat.

Dengan demikian seluruh umat Islam seharusnya tak melewatkan momen peringatan keras Isra Miraj ini begitu saja. Perbanyak doa, sholat, dzikir, sholawat juga amalan-amalan baik lainnya.

Sekian penjelasan seputar doa Isra Miraj yang dibaca waktu malam 27 Rajab serta tata cara mengamalkannya.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button