Teknologi

Fortnite Balik Lagi ke iPhone-iPad Usai 3 Tahun Diblokir Apple

Kertasleces.co.id – Epic Games mengumumkan akan meluncurkan toko aplikasi mobile Epic Games Store dalam iPhone serta iPad buatan Apple. Tak hanya saja itu, game Fortnite juga akan datang kembali diperkenalkan usai tiga tahun diblokir.

Pengumuman ini muncul usai Uni Eropa memaksa Apple untuk mengizinkan program mampu dipasang (instal) di area luar toko perangkat lunak resmi App Store, seperti diambil dari India Today, Hari Minggu (28/1/2024).

Sayang perusahaan game yang dimaksud Epic tiada mengungkapkan sejumlah informasi tentang rencananya. Mereka semata-mata menyatakan bahwa Epic Games Store dan juga Fortnite akan tersedia di dalam akhir tahun 2024.

Namun pengguna yang dapat mengakses Epic Games Store serta Fortnite adalah dia yang mana berada di dalam wilayah yang digunakan terdampak Digital Markets Act alias Undang-Undang Pasar Digital yang dimaksud dimiliki Uni Eropa.

Diketahui Apple selama ini melarang kebijakan sideloading, di tempat mana ciri yang disebutkan sudah ada lama ada di dalam HP Android. Perusahaan jika Cupertino itu masuk akal kalau sideloading akan berisiko pada kerentanan data pengguna.

Tapi di area sisi lain, Apple dianggap monopoli akibat tak mengizinkan perangkat lunak lain dipasang dari luar App Store. Berkat kebijakan Uni Eropa, Apple akhirnya mengizinkan ciri tersebut.

Sayangnya kebijakan ini kemungkinan akan datang berlaku untuk pengguna Apple yang digunakan cuma berada di tempat Uni Eropa. Tidak ada informasi apakah negara lain, termasuk Indonesia, bisa saja melakukan hal serupa.

Sementara itu Epic Games juga Apple masih saling bertarung di area sidang hukum selama beberapa tahun terakhir. Epic Games menolak kebijakan Apple mengenai monopoli tersebut.

Buntut hal itu, Apple memblokir akses Epic Games, termasuk Fortnite, terhadap para pengguna iPhone dan juga iPad. Namun Epic menegaskan kalau pertarungan hukumnya dengan Apple akan segera terus berlanjut.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button