Teknologi

Gempa Flores 5,6 Tak Berpotensi Tsunami, Dipicu Sesar Naik Flores

Kertasleces.co.id – Gempa berkekuatan 5,6 mengguncang Flores, Nusa Tenggara Timur pada Kamis (25/1/2024). Badan Meteorologi, Klimatologi serta Geofisika atau BMKG menyatakan gempa yang mana berpusat pada Laut Flores itu tak berpotensi tsunami.

Daryono menjelaskan gempa Flores yang tersebut terjadi pada pukul 19.24 Waktu Indonesia Barat itu berlokasi di area laut, sekitar 48 km arah barat laut Mbay, Kota Nagekeo. Gempa berpusat pada kedalaman 10 km.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini bukan berpotensi tsunami,” tegas Kepala Pusat Gempabumi dan juga Tsunami BMKG Daryono.

Lebih lanjut Daryono menjelaskan bahwa lindu yang dimaksud terjadi tergolong gempa dangkal. Pemicunya adalah Sesar Naik Flores atau Flores Back Arc Thrust.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi mempunyai mekanisme pergerakan naik (thrust fault),” terang dia.

Gempa ini berdampak dan juga dirasakan pada hampur sepanjang Flores, Kupang pada Pulau Timor kemudian Waingapu dalam Pulau Sumba. Gempa dengan kekuatan lebih tinggi besar terasa di area Flores, mulai dari Labuan Bajo, Ruteng, Bajawa, Mbay, Ende, Maumere kemudian Larantuka. Sementara getaran tambahan kecil terasa pada Kupang.

Hingga pukul 19.46 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 3 aktivitas gempabumi susulan dengan magnitudo terbesar M3,9.

Belum diketahui adanya kerusakan atau korban luka dan juga jiwa akibat gempa Flores berkekuatan 5,6 ini.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button