Nasional

Girang Revisi UU Desa mengenai Perpanjangan Masa Jabatan Dikabulkan DPR, Para Kades Sujud Syukur!

Kertasleces.co.id – Sejumlah kepala lalu perangkat desa yang digunakan tergabung di Asosiasi pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) sujud sukur di dalam depan DPR RI, Selasa (6/2/2024). Mereka sujud syukur seusai DPR serta pemerintah setuju untuk mengkaji revisi Undang Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014.

Salah satu poin yang tersebut direvisi oleh DPR juga pemerintah adalah perpanjangan masa jabatan Kepala Desa menjadi 8 tahun, selama 2 periode.

“Sekarang masa jabatan kepala desa adalah 8 tahun, 2 periode,” kata Ketua APDESI, Surtawijaya, Selasa.

Selain masa jabatan, pihak DPR juga menyetujui terkait penambahan porsi belanja di dana desa, sebesar 70 persen.

Massa APDESI sujud syukur ketika berdemo di dalam gedung DPR RI. (tangkapan layar/instagram)
Massa APDESI sujud syukur ketika berdemo di tempat gedung DPR RI. (tangkapan layar/instagram)

“APDESI berharap para kepala desa dapat memantaatkan masa jabatan juga pengelolaan dana desa dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Siang tadi, massa APDESI kembali menyelenggarakan berdemo di dalam depan gedung DPR guna menuntut pengesahan Undang-undang Desa sebelum pemilihan 2024. 

Mereka menuntut pengesahan revisi UU Nomor 6 Tahun 2014, mengenai regulasi yang digunakan mencakup perpanjangan masa jabatan kepala desa juga pembaharuan porsi dana desa pada Anggaran Pendapatan Belanja Negara tahun 2024.

Namun fokus merekan yakni tentang masa jabatan, yang diminta menjadi 9 tahun dengan 3 periode. 

Pada demo sebelumnnya, massa APDESI sempat bentrok dengan aparat. Bahkan, para pendemo sempat merusak hingga  membakar pagar gedung DPR. 

Related Articles

Back to top button