Bisnis

GM Marketing Alfamart 2023 Dipanggil KPK Terkait Kasus Money Laundry

Kertasleces.co.id – Hari ini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta-minta Yosia Andika Pakiding, yang mana menjabat sebagai GM Marketing Alfamart 2023, untuk datang juga memberikan kesaksiannya di perkara dugaan korupsi gratifikasi dan juga langkah pidana pencucian uang (TPPU) yang mana menyeret mantan Kepala Kabupaten Probolinggo, Puput Tantriana Sari (PTS).

“Tim penyidik KPK telah dilakukan menjadwalkan pemanggilan kemudian pemeriksaan terhadap Yosia Andika Pakiding sebagai GM Marketing Alfamart 2023, di tempat Gedung Merah Putih KPK,” ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri, ketika dimintai konfirmasi pada Jakarta, Hari Jumat (8/2/2024)

Namun demikian, Ali, seperti yang digunakan disitir dari Antara, belum memberikan informasi apakah Yosia telah dilakukan hadir untuk memenuhi panggilan penyidik KPK.

Juru bicara berlatar belakang jaksa itu juga belum memberikan keterangan lebih besar lanjut mengenai informasi apa yang tersebut akan didalami penyidik komisi antirasuah pada pemeriksaan tersebut.

Dalam perkara tersebut, KPK juga telah lama menetapkan suami Puput Tantriana, yaitu mantan anggota DPR RI kemudian juga mantan Pimpinan Daerah Probolinggo Hasan Aminuddin (HA) sebagai terperiksa tindakan hukum dugaan TPPU tersebut.

Kasus pencucian uang ini merupakan perkembangan dari persoalan hukum suap terkait seleksi jabatan di area lingkungan Pemkab Probolinggo, Jawa Timur, yang dimaksud sebelumnya melibatkan Puput kemudian Hasan sebagai tersangka.

Dalam persoalan hukum suap seleksi jabatan tersebut, Puput serta Hasan telah lama dihukum oleh Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Surabaya dengan hukuman masing-masing selama 4 tahun penjara ditambah denda Rp200 jt yang tersebut dapat digantikan dengan kurungan selama 2 bulan. Namun, keduanya mengajukan banding sehingga langkah yang disebutkan belum final.

Related Articles

Back to top button