Nasional

Hadiri Serah Terima Super Hercules Ke TNI AU, Jokowi-Prabowo Kompak Pake Topi Dan Jaket Bomber

Kertasleces.co.id – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyaksikan serah terima pesawat keempat C-130J Super Hercules dari Menteri Keamanan untuk Kepala Staf Angkatan Lingkungan (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. Serah terima secara simbolis dijalankan di area Terminal Selatan, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (24/1/2024).

Presiden Jokowi tampak meninjau pesawat sebelum melakukan simbolis secara resmi. Ia didampingi Prabowo tampak meninjau dengan masuk ke pada pesawat. Jokowi juga terlihat meninjau ruang kokpit.

Usai turun dari Super Hercules, Jokowi tampak mengenakan topi. Sementara Prabowo tampak telah tambahan dulu memakai topi.

Secara simbolis, Jokowi memecahkan kendi lalu menyiram air bunga ke moncong Super Hercules dengan tail number A-1344.

Momen menarik perhatian terjadi pada waktu Jokowi dengan Prabowo juga tiga kepala staf angkatan; hingga Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid kompak mengenakan jaket bomber berwarna biru tua.

Jaket biru itu diberikan secara langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara Bebas (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Melalui keterangan persnya usai menyaksikan serah terima pesawat, Jokowi mengatakan, pesawat C-130J Super Hercules merupakan alutsista penting yang dapat digunakan di operasi militer peperangan (OMP) serta operasi militer selain pertempuran (OMSP).

“Kami baru belaka menyaksikan penyerahan (pesawat) Super Hercules. Ini adalah pesawat angkut yang mana telah lama kita instruksi beberapa tahun yang mana lalu kemudian penting sekali, baik untuk keperluan peperangan maupun nonperang,” ujar Jokowi.

“Pesawat ini dapat mengakut 120 prajurit serta sekitar 20 puluhan ton, sangat bagus untuk negara sebesar Indonesia, negara kepulauan yang digunakan kadang-kadang airport-nya semata-mata memiliki runway pendek, nah dengan pesawat ini mampu dilewati. Super Hercules sanggup terbang 11 jam non-stop,” sambungnya.

Secara keseluruhan, Kementerian Keamanan sudah memesan lima pesawat C-130J Super Hercules buatan Lockheed Martin, Amerika Serikat (AS), di tempat mana tiga pesawat sebelumnya telah dilakukan tiba secara bertahap pada Maret, Juni, juga Oktober 2023.

Pengadaan kelima pesawat angkut strategis oleh Kemhan ini meliputi suku cadang; _ground support_; juga inisiatif pelatihan, baik untuk penerbang maupun teknisi.

Selain penyerahan pesawat C-130J Super Hercules, pada kesempatan yang identik Prabowo juga menyerahkan secara simbolis hasil modernisasi atau _refurbishment_ lalu suku cadang helikopter AS550 Fennec dan juga helikopter AS565 MBE Panther, masing-masing untuk TNI AD lalu TNI AL.

Program refurbishment helikopter-helikopter milik TNI AD juga TNI AL yang dimaksud seluruhnya diadakan dalam pada negeri dengan melibatkan lapangan usaha pertahanan di negeri.

Helikopter AS550 Fennec secara simbolis diserahkan untuk KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, sementara helikopter AS565 MBE Panther terhadap KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button