Nasional

Hasil Rekapitulasi KPU: Prabowo-Gibran Kuasai Daerah Istimewa Yogyakarta

Kertasleces.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI kembali mengatur rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan kata-kata tingkat nasional di area kantornya, Jalam Imam Bonjol, DKI Jakarta Pusat, Hari Sabtu (9/3/2024).

Salah satu rekapitulasi hasil penghitungan kata-kata yang dimaksud dibacakan di rapat pleno yang dimaksud adalah dari Daerah Istimewa Yogyakarta atau DIY. Rekapitulasi yang disebutkan dibacakan oleh Ketua KPU Daerah DIY, Ahmad Shidqi.

Dalam pemaparannya, Ahmad menjelaskan jumlah keseluruhan sah untuk Pilpres 2024 di dalam DIY sebanyak 2.506.765 serta 60.629 pernyataan tiada sah.

Dari hasil penghitungan pernyataan sah, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 496.280 suara. Sementara pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mendapat 1.269.265 suara.

Sedangkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendulang 741.220 suara.

Ketua KPU Hasyim As’syari lalu bertanya terhadap saksi dari masing-masing pasangan calon (paslon) terkait adanya perbedaan perolehan yang mana dibacakan dengan hasil yang tersebut dimiliki saksi paslon.

Setelahnya, Hasyim menetapkan hasil rekapitulasi hasil penghitungan pernyataan Pilpres 2024 untuk DIY.

“Bisa kita terima kita sahkan ya, Bismillah perolehan pengumuman untuk pemilihan raya Presiden pada Daerah Istimewan Yogyakarta sah,” kata Hasyim pada rapat pleno.

Hingga kini, rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan ucapan pemilihan 2024 pada kantor KPU RI masih berlangsung.

Related Articles

Back to top button