Lifestyle

Indah Permatasari Ajak Anak Main Flashcard, Apa Sih Manfaatnya?

Kertasleces.co.id – Baru-baru ini pola asuh Indah Permatasari menjadi sorotan publik. Hal itu lantaran ia mengunggah momen di area mana sedang bermain dengan sang anak.

Dalam video yang digunakan dibagikan di dalam akun Instagramnya, Indah serta putranya yang dimaksud berusia 16 bulan itu terlihat asyik menebak berbagai jenis hewan pada kartu yang dimaksud dipegang oleh sang ibu.

Indah menunjukkan satu per satu kartunya, lalu sang anak menebak dengan pernyataan lantang. Meski wajah putranya tertutupi oleh layanan stiker, netizen juga bisa saja mengambil bagian merasakan semangat dari anak tersebut.

Pertama kali nyobain adik bayi tebak gambar gini, biasanya hanya saja ngasih tahu makanya Ibuknya yang mana tambahan heboh daripada anaknya,” tulis Indah pada caption-nya, Rabu (24/1/2024).

Lantas apa sih kegunaan dari flashcard untuk anak? Berikut ulasannya

Manfaat Flashcard Bagi Tumbuh Kembang Anak

Merujuk pada FirstCry Parenting, flashcard pada dasarnya adalah kartu kecil yang berisi gambar pada satu sisi, serta sisi lainnya adalah kata atau angka. Flashcard bisa saja menjadi permainan untuk menstimulasi pembelajaran, khususnya pada usia balita.

Berikut beberapa manfaatnya:

1. Mengembangkan perkembangan kognitif lantaran anak akan belajar mengingat informasi dari gambar.

2. Membantu perkembangan keterampilan bahasa dan juga komunikasi, lantaran flashcard dapat menjadi media untuk mengenalkan kata-kata baru.

3. Mengoptimalkan daya ingat juga mengembangkan memori fotografi, lantaran gambar-gambar pada flashcard dapat memicu rangsangan visual di tempat otak anak. Serta, meningkatkan kemampuan anak pada menghafal informasi yang dimaksud diterimanya lewat proses berulang-ulang.

4. Bermain flashcard juga dapat meningkatkan konsentrasi anak. Sebab, pada waktu bermain, anak harus fokus pada informasi yang digunakan ditampilkan pada kartunya.

5. Mengembangkan stimulasi visual yang dapat meningkatkan kemampuan pada anak mengingat informasi yang mana diterima secara visual.

6. Melatih kepercayaan diri anak ketika berhasil menyebutkan gambar serta kata pada flashcard.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button