Teknologi

Industri Pertelekomunikasian Tidak Baik-baik Saja, Indosat Malah Tersenyum Lebar

Kertasleces.co.id – Indosat Ooredoo Hutchison mencatatkan kinerja selama sepanjang 2023, dengan membukukan total pendapatan sebesar Rp51,2 triliun pada sepanjang 2023.

Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 10 persen dibandingkan tahun sebelumnya (Year-on-Year/YoY).

Pertumbuhan total pendapatan yang disebutkan didorong oleh peningkatan kualitas pelanggan konsumen juga korporasi juga kinerja positif dari semua lini kegiatan bisnis Perusahaan.

Pendapatan Selular bertambah 8,7 persen YoY disebabkan oleh peningkatan pendapatan Fakta serta Interkoneksi.

Sementara itu pendapatan Multimedia, Informasi Communication, and Internet (MIDI) naik 13,0 persen YoY ditopang oleh peningkatan pendapatan layanan IT juga Jaringan Internet Tetap.

Selanjutnya, pendapatan Komunikasi Jarak Jauh Tetap juga melonjak 28,4 persen YoY dikontribusi oleh peningkatan pendapatan Telepon Internasional dan juga Jaringan tetap.

Ilustrasi Indosat Ooredoo Hutchison. [Indosat]
Ilustrasi Indosat Ooredoo Hutchison. [Indosat]

Peningkatan pendapatan ini juga disertai oleh optimalisasi biaya yang digunakan berdampak pada peningkatan positif pada EBITDA sebesar 23,0 persen YoY menjadi Rp23,9 triliun.

Indosat juga berhasil mencatatkan data EBITDA margin yang dinormalisasi berkembang solid sebesar 46,8 persen, meningkat 4,5 poin persentase YoY.

Dengan capaian tersebut, Laba Normalisasi Periode Berjalan yang tersebut Dapat Diatribusikan Kepada Pemilik Entitas Induk mencapai Rp3,5 triliun serta tetap memperlihatkan positif selama 3 tahun berturut-turut.

“Pencapaian Indosat Ooredoo Hutchison pada tahun 2023 tak lepas dari partisipasi seluruh pihak mulai dari mitra bisnis, pelanggan, pemegang saham, serta tentunya seluruh karyawan kami,” ucap Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison.

Menurutnya, kinerja keuangan dan juga operasional yang mana kuat ini menegaskan komitmen Indosat untuk terus memacu kemajuan ekosistem lapangan usaha telekomunikasi di area Indonesia.

“Peka terhadap dinamika pasar, pengembangan layanan yang dimaksud berpusat pada teknologi, juga integritas pada keunggulan operasional tak hanya saja menjadi kunci pada menavigasi perkembangan usaha namun turut memperbesar penciptaan nilai bagi para pemangku kepentingan kami,” beber ia pada keterangan resminya, Kamis (8/2/2024).

Sepanjang 2023, Indosat juga terus mendekatkan hubungannya dengan hampir seratus jt pelanggannya pada kedua merek konsumennya, IM3 juga Tri, yang mana menghasilkan kembali peningkatan Mobile Average Revenue Tiap User (ARPU) sebesar 5,3 persen menjadi Rp35,6 ribu.

Bertambahnya basis pelanggan yang tersebut berkualitas semakin diperkokoh dengan peningkatan skor Customer Satisfaction (CSAT) IM3 yang naik 4 poin YoY menjadi 84.1, sedangkan CSAT Tri turut naik 3 poin YoY menjadi 84.0.

Hasil ini menunjukkan keberhasilan strategi Go-to-Market Indosat lalu mencerminkan pengalaman mengesankan atau marvelous experience yang dimaksud diberikan Korporasi untuk pelanggan.

Related Articles

Back to top button